Rp 650 Juta untuk Jalan ke TPA Wonokerto

BANGIL – Akses jalan untuk menuju TPA Wonokerto, membutuhkan dana yang tak murah. Pemkab harus merogoh kocek hingga Rp 650 juta, untuk pembebasan lahannya.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Muchaimin menguraikan, akses jalan menuju TPA Wonokerto merupakan lahan warga. Agar memperlancar proses pengangkutan sampah ke TPA Wonokerto nantinya, maka perlu adanya pembebasan lahan.

Karena itulah, pihaknya menyiapkan dana hingga Rp 650 juta. Dana itulah, yang akan digunakan untuk membebaskan lahan milik warga. “Tahun ini, kami targetkan bisa terselesaikan,” ungkap Muchaimin.

Menurutnya, dana tersebut bersumber dari APBD 2018. Prosesnya memang mengalmai hambatan. Hambatannya, terletak pada surat-surat atas tanah tersebut. Namun begitu, pihaknya yakin, tanah seluas kurang lebih 2.500 meter persegi itu bisa dimiliki.

“Masalahnya memang terletak pada surat-surat tanahnya. Tapi, kami upayakan, bisa tertangani segera,” pungkasnya.

Pengadaan tanah itu, disoroti anggota dewan. Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, Saifullah Damanhuri memandang, sudah beberapa kali penganggaran tersebut dilakukan. Namun sayangnya, tidak kunjung terlaksana.

“Kalau tahun ini tidak terserap, maka tahun depan tidak usah dianggarkan. Lebih baik, untuk anggaran yang lain,” urainya. (one/fun)