KPU Baru Terima Separo Bilik Suara

PASURUAN – Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2019 di Kota Pasuruan yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Pilkada 2018, berdampak terhadap kebutuhan logistik lainnya. Tak terkecuali kebutuhan bilik suara yang juga turut bertambah.

Setelah mendapat kiriman ribuan kotak suara baru, KPU Kota Pasuruan kembali mengajukan kebutuhan bilik suara. Hal itu dilakukan lantaran bilik suara yang menjadi inventaris selama ini masih kurang.

“Kebutuhan bilik suara untuk Pemilu di Kota Pasuruan sebanyak 2.484 buah. Sedangkan inventaris kami saat ini hanya 1.569. Sehingga kami ajukan kebutuhan tambahan,” ujar Ketua KPU Kota Pasuruan Fuad Fatoni.

Berbeda dengan Pilkada lalu, dimana TPS yang tersebar hanya 310. Pada Pemilu nanti akan ada 621 TPS yang didirikan. Penambahan TPS itu sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Oleh sebab itu, KPU mengajukan bilik suara tambahan sebanyak 915 bilik suara. Menurut Fuad, KPU Jatim telah memproses pengajuannya. Buktinya, dengan mendistribusikan bilik suara yang dibutuhkan di Kota Pasuruan.

“Jumlah bilik suara yang sudah kami terima sebanyak 504 buah. Jadi belum dikirimkan seluruhnya sesuai dengan kebutuhan yang kami ajukan ya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Fuad menyebut bilik suara yang diterimanya itu berbahan karton. Lain dengan bilik suara lama yang terbuat dari almunium. Selain itu, bentuknya juga terbilang sedikit lebih besar ketimbang bilik suara yang lama. “Namun pada prinsipnya bukan soal ukuran ya. Fungsinya tetap sama,” kata dia.

Saat ini, KPU masih menunggu distribusi bilik suara yang masih belum dikirimkan. Jumlahnya sebanyak 411 buah. “Kami belum tahu kapan dikirim karena prosesnya ada di provinsi,” imbuhnya.

Kendati demikian, dalam waktu dekat KPU akan segera mengecek seluruh logistik tersebut. Baik kotak suara maupun bilik suara yang baru saja diterima. Tak hanya itu, KPU juga akan segera merakit logistik sesuai dengan bentuk ketika difungsikan nanti. Sebab, kondisi saat ini masih dalam lipatan dan dibungkus plastik.

“Kami masih setting tempat, gudang penyimpanannya. Yang jelas akhir tahun nanti kami upayakan selesai semua. Karena memasuki awal tahun kami harus persiapkan surat suara,” jelasnya. (tom/rf)