2019, Buka Objek Wisata Anyar Pulau Cinta di Probolinggo

GENDING – Pemkab Probolinggo bakal membuka objek destinasi wisata baru di tempat Wisata Pantai Bentar, Kecamatan Gending, berupa Pulau Pasir atau Pulau Cinta. Tempat wisata baru ini akan dibuka mulai tahun depan seiring dengan rampungnya dermaga penyeberangan menuju Pulau Cinta.

MENJOROK: Dermaga penyeberangan di Pantai Bentar menuju Pulau Cinta di perairan Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, siap digunakan. Rencananya wisata ini akan dibuka mulai tahun depan. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Dermaga penyeberangan menuju Pulau Cinta, itu berada di dalam tempat Wisata Pantai Bentar. Pihak pengelola Pantai Bentar telah menyiapkan kapal penyeberangan menuju Pulau Cinta. Pulau Pasir yang berada di perairan Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, ini tidak begitu luas dan dikelililing lautan lepas.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Sidiq Widjanarko mengatakan, destinasi wisata Pulau Cinta bisa dikunjungi wisatawan mulai awal tahun depan. Kini, pembangunan dermaga penyeberangan sudah rampung dan siap dioperasikan. “Tadi sudah dicek dermaga penyeberangan di Pantai Bentar, sudah selesai dikerjakan. Begitu juga dermaga yang ada di Pulau Cinta,” ujarnya.

Sidiq menjelaskan, Pulau Cinta akan dikerjasamakan dengan Pemerintah Desa Pajurangan. Sebab, Pulau Cinta masuk wilayah Desa Pajurangan. Selain menawarkan Pulau Cinta, pengunjung juga bisa menikmati hiu tutul atau hiu paus. “Nanti juga bisa mengunjungi wisata mangrove menggunakan kapal,” ujarnya.

Dermaga penyeberangan itu, kata Sidiq, juga bisa digunakan untuk penyeberangan ke Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih dengan pelayanan eksekutif. Karena menggunakan kapal cepat yang kini beroperasi antara Probolinggo-Madura. “Tapi, untuk penyeberangan menggunakan kapal eksekutif ini hanya untuk hari Sabtu dan Minggu. Karena Senin, Rabu, dan Jumat digunakan untuk penyeberangan Probolinggo-Pamekasan,” jelasnya. (mas/rud)