Bikin Tewas, Ini Campuran Kopi Pencari “Pesugihan” di Purwosari

BANGIL – Tragedi serupa tapi tak sama, kopi maut ala Jessica yang dipidana kasus pembunuhan berencana, juga terjadi di Kabupaten Pasuruan. Adalah Hendro Mawan Suryo Putro, 37, warga Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan pelakunya.

Ia meracuni murid spiritualnya, Ari Putra Utama, 22, warga jalan Kapten Tendean Nomor 10, Desa Banjarejo, Kecamatan Taman Kota, Madiun. Ari adalah murid “spiritual” pelaku.

Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo mengungkapkan, sebelum melakoni ritual mencari pesugihan, korban dan tersangka memesan terlebih dahulu kopi di warung Samuji, yang ada di wilayah setempat. Selanjutnya, kopi itu dibawa keduanya masuk ke dalam makam.

Di situlah, tersangka kemudian mencampuri minyak kasturi ke dalam kopi. Tanpa merasa curiga, korban meminum kopi tersebut.

“Setelah memesan kopi, keduanya masuk ke dalam kuburan untuk melakukan ritual. Selanjutnya, kopi tersebut dicampur dengan minyak kasturi sebagai syarat ritual untuk kemudian diminum oleh korban,” imbuh perwira dengan dua melati di pundaknya itu.

Usai menghabiskan kopi kasturi itu, tersangka kemudian mengajak korban untuk pulang. Namun, selang beberapa kilometer dari kuburan, korban lemas dan kejang-kejang.

Parahnya, mulut korban mengeluarkan busa. Melihat itu, tersangka pun meletakkan korban di depan warung milik Hanifa, warga Dusun Pucanganom, Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari. Selanjutnya, tersangka tancap gas dan meninggalkan korban.

Tak hanya itu, barang-barang milik korban juga digondolnya. Selain motor Honda Vario milik korban, juga jaket dan beberapa barang korban lainnya.

Korban yang ditinggal di depan warung itu, sempat mengundang kepanikan warga. Sejumlah warga kemudian mengantarnya ke Puskesmas Purwosari. Namun sayangnya, nyawa korban tak bisa diselamatkan.

Besar dugaan, korban meregang nyawa setelah menenggak minyak kasturi di dalam kopi tersebut, melebihi dosis. Disebut-sebut, minyak kasturi yang dicampurkan ke kopi, mencapai 5 mililiter. (one/mie)