Motor Mogok, Pencuri Love Bird di Prigen Ini Ditangkap

PRIGENAksi pencurian burung jenis love bird di Dusun/ Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, berhasil digagalkan,Rabu (5/12). Sekitar pukul 12.00, seorang pelaku berhasil diamankan setelah motor yang dikendarainya mogok.

Satu pelaku berhasil diamankan itu adalah M. Junaidi, 35, warga Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kabupaten Mojokerto.

Sedangkan, dua pelaku lainnya masing-masing berinsial R dan AR berhasil kabur. Dua pelaku ini juga berasal dari Kabupaten Mojokerto.

“Pelaku pencurian burungnya total ada tiga orang. Satu tertangkap dan dua lainnya melarikan diri. Kini masih dalam proses pengejaran,” ujar Kanitreskrim Polsek Prigen Bripka Slamet Prayitno.

Dalam beraksi, Junaidi bersama dua orang rekannya berboncengan mengendarai motor Honda Beat bernopol N 2547 TCQ. Mereka mengambil burung love bird milik Rofa’at, 42, warga Dusun Lumbang Krajan, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen.

AR bertindak sebagai eksekutor. Burung yang digantang di teras rumah korban, berhasil disikat. Setelah berhasil, ketiganya langsung kabur ke arah Mojokerto. Dengan cepat, Junaidi sebagai joki berusaha kabur dengan membonceng dua rekannya, R dan AR.

Syukur, korban mengetahui burungnya hilang dicuri Junaidi cs. Sehingga, ia meminta tolong warga dan menghubungi Polsek Prigen untuk mengejar para pelaku.

Korban sendiri mengejar pelaku bersama Slamet dan dua anggota Polsek Prigen lainnya. Tak lama berselang, M. Junaidi berhasil ditangkap.

Dia kedapatan menuntun motornya di tepi jalan. Jaraknya sekitar 500 meter dari rumah korban yang masih masuk Desa Lumbangrejo.

Saat itu, pelaku menuntun motornya karena kehabisan bensin. Sedangkan, burung milik korban terlihat digantung di setir motornya.

Dua rekannya kabur lebih awal. Mereka beralasan hendak mencari pinjaman jeriken untuk membeli bensin. “Tertangkapnya pelaku ini karena motornya kehabisan BBM (bahan bakar minyak). Akhirnya, dengan mudah saat itu juga langsung kami tangkap beserta barang buktinya. Berupa motor Honda Beat dan burung love bird milik korban. Dua rekannya sudah kabur lebih dulu,” ujar Slamet.

Kini, tersangka beserta barang buktinya diamankan di Mapolsek Prigen. Dia disangka melanggar pasal 363 KUHP tentang Pencurian. “Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara,” ujar Slamet. (zal/rud)