Waspada, 8 PJU Padam, Jalur Pantura di Banjarsari Gelap

GELAP: Sejumlah kendaraan melintas Jembatan Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo yang kondisinya gelap gulita. Sejak sekitar sebulan lalu, sejumlah PJU di jembatan ini padam. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

SUMBERASIH-Para pengendara yang melintas di Jembatan Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, perlu lebih waspada. Sebab, sejak sekitar sebulan terakhir sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di jembatan nasional di Dusun Blobo, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, itu padam. Karenanya, jalan menjadi gelap dan membahayakan.

Dari pantauan radarbromo.co.id, Rabu (6/12) malam, kondisi Jembatan Banjarsari yang berada 20 meter di sisi barat Masjid Jamik Asysyuhada’, gelap gulita.

Padahal, ada sekitar 8 PJU di kanan dan kiri jembatan. Namun, dari 8 PJU itu tidak berfungsi karena padam.

Salah seorang pegguna jalan, Muhammad mengatakan, gelapnya kondisi jalan ini membuat dirinya tidak nyaman. Sebab, beberapa bulan terakhir kondisi jalan nasional ini gelap dan makin rawan. Sedangkan jalan ini tidak pernah sepi dari kendaraan yang berlalu lalang. “Tidak nyaman kalau jalannya gelap. Soalnya kan rawan kalau gelap. Entah rawan kejahatan atau rawan kecelakaan lalu lintas. Apalagi, ini di jembatan,” ujarnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Kemaji mengatakan, gelapnya jalan karena padamnya PJU itu tidak boleh terus terjadi. Sebab, PJU yang mati akan membuat rawan kecelakaan. Karenanya, pihaknya akan segera mengomunikasikan kepada yang berwenang.

“Itu bukan ranah kami. Jadi, kami akan segera mengomunikasikan dengan pihak UPT Dinas Pehubungan Provinsi. Sehingga, nanti cepat diatasi dan cepat menyala kembali. Adanya PJU itu memang penting, karenanya harus segera diambil tindakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Dody Baskoro belum berhasil dimintai keterangan. Saat hendak dikonfirmasi melalui sambungan telepon, yang bersangkutan tidak merespons. (sid/rud)