Semaraknya Pemilihan Duta Wisata (Cak dan Yuk) Kabupaten Pasuruan 2018 yang Kini Diikuti Kalangan Pesantren

PRIGEN – Untuk menambah eksplorasi potensi wisata diperlukan promosi, salah satunya lewat Pemilihan Duta Wisata (Cak dan Yuk). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan event tersebut yang mendapatkan sambutan antusias dari ratusan pendaftar. Sebanyak 162 orang pendaftar terdiri dari 62 orang laki-laki, dan 64 perempuan mendaftarkan diri dalam seleksi duta wisata Kabupaten Pasuruan.

CAK DAN YUK 2018: Bupati Pasuruan HM. Irsyad Yusuf, S.E, MMA, bersama Cak Eka dan Yuk Novia yang terpilih sebagai juara Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Pasuruan 2018. (Istimewa)

Setelah melewati berbagai tahapan seleksi ketat yang melibatkan juri-juri berkualitas dan berkompeten, maka grand final dilaksanakan, Sabtu (8/12), yang digelar di Hotel Tretes View, Prigen. Ada 10 pasangan yang melaju ke babak grand final. Setelah melewati seleksi ketat dengan menjawab berbagai pertanyaan dari para juri, salah satunya pemenang Putri Indonesia wakil Jawa Timur 2018, Alshya Sekar A.W. Maka, terpilihlah Eka Ardiansyah dan Novia Putri Wardani yang sama-sama berasal dari Pandaan, sebagai duta wisata (Cak dan Yuk) Kabupaten Pasuruan tahun 2018.

“Kami mendukung dan mengapresiasi kegiatan pemilihan duta wisata ini. Dengan harapan, yang terpilih sebagai Cak dan Yuk bisa membantu Pemkab Pasuruan lebih mengeksplorasi potensi wisata yang ada,” ujar Bupati Pasuruan HM. Irsyad Yusuf, S.E, MMA.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan, Agung Mariyono mengungkapkan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini konsep Pemilihan Duta Wisata memiliki perbedaan. Salah satunya adalah di tahun ini panitia membuka pendaftaran bagi peserta dari kalangan pesantren.

“Untuk peserta tahun-tahun sebelumnya, kami hanya fokus pada anak SMA dan kuliah umum. Namun tahun ini kita juga buka pendaftaran peserta dari pesantren. Kemudian untuk tambahan syaratnya, bagi semua peserta harus memahami kitab suci agama masing-masing,” jelasnya.

Di sisi lain, pemenang Pemilihan Duta Wisata, Cak Eka dan Yuk Novia Putri Wardani mengaku tidak menyangka bisa menjadi pemenang. Ke depannya, mereka bertekad akan melanjutkan tugas dari Duta Wisata sebelumnya dengan lebih baik lagi.

“Kami siap melanjutkan tugas-tugas cak yuk sebelumnya, serta siap bersinergi dengan pemerintah untuk mempromosikan wisata Kabupaten Pasuruan,” tegasnya. (lel/*)

 

HASIL GRAND FINAL DUTA WISATA KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2018

Cak dan Yuk Kabupaten Pasuruan 2018
Cak Eka
Yuk Novia

Wakil 1 Cak Yuk Kabupaten Pasuruan 2018
Cak Baihaqi
Yuk Rahmanda

Wakil 2 Cak Yuk Kabupaten Pasuruan 2018
Cak Ishom
Yuk Novilya

Cak Yuk Persahabatan 2018
Cak Imam Suyuti
Yuk Naila Fauzia

Cak Yuk Berbakat 2018
Cak Rudian
Yuk Sania

Cak Yuk Favorit 2018
Cak Revaldi
Yuk Amanda