Usai Hujan Lebat, Jalur Menuju Air Terjun Madakaripura Putus

LUMBANG-Wisatawan yang hendak memanfaatkan libur natal dan tahun baru dengan berkunjung ke air terjun Madakaripura, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo bakal kesulitan. Sebab jalan yang jadi akses wisatawan di Desa Negororejo kini tengah terputus karena longsor.

Longsor itu terjadi sejak Selasa (18/12) lalu. Itu setelah kawasan di wilayah Lumbang, Kabupaten Probolinggo diguyur hujan deras.   

Dari pantauan radarbromo.co.id, longsor mengakibatkan jalan menuju kawasan wisata air terjun rusak. Material longsor juga tersapu arus sungai dan menyisakan pipa air ke rumah-rumah penduduk. Karenanya, jalan ini tak bisa dilintasi wisatawan.

Namun, kini petugas wisata membuat jalan alternatif menuju air terjun. Tujuannya, agar kegiatan wisata tetap berjalan.

Salah satu polisi hutan yang bertugas di kawasan Madakaripura, Karnoyo mengatakan, sebelum di kawasan puncak dan sekitar Air Terjun Madakaripura hujan lebat sekitar 3 jam.

“Hujannya lebat banget. Mungkin karena bawahnya terkikis, jalan itu longsor. Jalannya kan ada di atas sungai,” ujarnya.

Meski jalan terputus, Karnoyo memastikan para wisatawan masih bisa untuk berkujung ke Air Terjun Madakaripura. Sebab, pihak pengelola telah membangunkan jalan sementara menuju air terjun. “Kami membuat jalan sementara agar wisatawan tetap bisa berkunjung ke air terjun. Kan kasihan mereka jauh-jauh datang ingin berlibur,” ujarnya.

Sedangkan, Camat Lumbang Bambang Hariwahjudi mengatakan, kawasan wisata Air Terjun Madakaripura memang dilakukan sistem buka tutup. Sebab, memasuki musim hujan lokasi wisata ini membahayakan bagi wisatawan.

“Kami imbau wisatawan yang berkunjung tetap waspada. Karena kalau musim hujan kawasan Madakaripura rawan bencana longsor, tapi masih bisa dikunjungi bila petugas mengizinkan,” ujarnya. (sid/rud)