Hari Pertama Tol Pandaan-Malang Dibuka, Ini Jam-Jam Paling Padat

PANDAAN – Fungsional perdana ruas jalan tol Pandaan-Malang ternyata hanya diberlakukan satu arah saja. Di hari pertama operasional fungsional, kendaraan yang melintas tak terlalu padat.

“Jumlahnya nanti bisa meningkat di tol Pandaan-Malang ini. Karena perdana fungsional dan Nataru (natal dan tahun baru) masih beberapa hari lagi,” kata Humas PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri.

Untuk kendaraan yang melintas, berlaku hanya mobil pribadi saja. Ia sebutkan per jamnya rata-rata 400-500 mobil. Dan, kepadatan rata-rata paling menonjol pada pukul 09.00-10.00, 10.00-11.00, dan 15.00-16.00. Pada jam-jam tersebut, jumlah kendaraan secara berurutan tercatat 502, 508, sampai 623 mobil.

“Jika dilihat data sekaligus pengamatan di lapangan, angka rata-ratanya kendaraan melintas di fungsional tol ini masih di bawah tol Gempol-Pandaan. Prediksi kami trennya akan terus meningkat setiap harinya,” katanya.

Sementara itu, untuk tol Gempol-Pasuruan (gempas) seksi tiga dari Pasuruan ke Grati dan sebaliknya. “Relatif sama, antara seksi III dengan seksi I dan II yang telah beroperasi lebih dulu. Angka pastinya belum tercatat jelas,” terang Humas PT Jasamarga Gempol Pasuruan Roedi Poerwanto.

Untuk kendaraan yang melintas di seksi tiga ini, Roedi mengatakan, didominasi golongan satu. Yakni, jenis mobil pribadi, minibus, dan bus. Untuk truk, dump truck, truk gandeng, dan kontainer masih minim. (zal/rf)