Weekend Natal, Pengunjung 3 Wisata di Probolinggo Ini Membeludak

DRINGU – Tiga destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo panen kunjungan selama libur panjang Natal tahun ini. Tidak hanya Gunung Bromo, namun juga Pantai Bentar, Air Terjun Madakaripura, dan Ranu Segaran.

Rata-rata peningkatan kunjungan pada liburan kali ini mencapai 100 persen lebih dari hari biasanya. Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo mencatat kenaikan tersebut. Madakaripura di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, misalnya. Jumlah pengunjung naik 50 persen lebih.

Kenaikan itu terjadi tiga hari. Sejak Jumat (21/12) sampai Minggu (23/12). Dari 51 pengunjung pada Jumat, menjadi 236 pengunjung di hari Minggu.

Pantai Bentar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, juga menunjukkan hal serupa. Tercatat pada Jumat (21/12) ada 169 pengunjung dan Minggu (23/12) melonjak drastis menjadi 1.150 pengunjung.

Bahkan, Ranu Segaran di Kecamatan Tiris jumlah pengunjungnya juga meningkat 100 persen lebih. Pada Jumat (21/12), pengunjung hanya 5 orang dan Minggu (23/12) ada 26 orang.

Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, banyak sekali destinasi wisata di kabupaten. Dan, semuanya dirawat betul oleh pemerintah. Tidak heran, saat musim liburan, jumlah pengunjung meningkat.

“Kami selalu menjaga dan terus melakukan pembenahan di lokasi wisata yang kami kelola. Tujuannya, tentu ingin destinasi wisata yang kami kelola selalu dikagumi dan dikangeni para wisatawan,” ujarnya.

Saat ini, menurutnya, lokasi favorit masih Gunung Bromo. Baru setelah itu Pantai Bentar dan Madakaripura. Kedua destinasi itu setiap liburan panjang selalu dipadati oleh para wisatawan. Terutama dari Jawa Timur.

“Khusus Madakaripura, kami tutup saat mendung, meski pengunjung sedang ramai. Tujuannya agar tragedi wisatawan meninggal seperti tahun-tahun sebelumnya tidak ada lagi. Target kami zero accident,” terangnya. (sid/hn)