2 Pekan, Polresta Pasuruan Bekuk 22 Pelaku Tindak Kriminal

PASURUAN-Polres Pasuruan Kota panen tangkapan jelang tahun baru. Selama dua pekan terakhir, polisi menggulung 22 tersangka tindak kriminal. Penyelidikan terhadap para pelaku dilakukan secara maraton.

Para tersangka yang sudah menjalani penahanan itu dipamerkan kepada awak media di Lapangan Abdurahman, Mapolres Pasuruan Kota, Jumat (27/12). Selain itu, polisi juga menunjukkan barang bukti tindak pidana.

Barang bukti itu di antaranya empat unit motor, senjata tajam, dan beberapa paket sabu, ganja, maupun sediaan farmasi. “Kami ingin memastikan momen pergantian tahun baru berjalan aman dan kondusif,” kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Agus Sudaryatno.

Untuk itu, lanjut Agus, kasus peredaran narkoba dan kejahatan konvensional ditekan jauh hari sebelum tutup tahun. Kapolres menjelaskan, sebanyak 22 tersangka itu terdiri atas 14 tersangka yang tersandung kasus narkoba. Sedangkan 8 di antaranya terlibat dalam kasus kriminal.

Mereka terlibat kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, hingga pencurian kendaraan bermotor. “Mereka diamankan di seluruh wilayah hukum jajaran Polres Pasuruan Kota,” tambahnya.

Kapolresta menambahkan, tahun ini pihaknya juga memberi atensi terhadap peredaran narkoba yang kian merajalela. Menurutnya, selama setahun terakhir pihaknya telah menangani sebanyak 81 kasus. “Untuk tersangka yang kami amankan sebanyak 104 orang,” jelasnya.

Selama itu pula, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya sabu sebanyak 122,6 gram, ganja sebanyak 4,8 gram, pil trihexyphenidyl sebanyak 9.689 butir, dan 1.612 botol miras. Seluruh tersangk dijerat UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan dan UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika.

“Atensi kami sepenuhnya untuk memberantas peredaran narkoba. Mengingat narkoba sangat membahayakan dan merusak generasi muda kita,” ujar perwira dengan dua melati di pundaknya itu. (tom/rf)