Jalur Dipotong, Bus Seruduk 2 Motor di Sumberasih, 2 Luka Berat

SUMBERASIH-Perjalanan penumpang Bus Jawa Indah jurusan Surabaya-Jember bernopol P 7269 UV terganggu. Itu setelah Rabu pagi (2/1) sekitar pukul 09.00, bus penumpang itu mengalami kecelakaan di jalan raya Sumberasih masuk Desa Banjarsari, Kabupaten Probolinggo.

Bus itu menyasak dua motor. Akibatnya, dua pengendara motor pun harus mendapatkan perawatan medis di RSUD Tongas karena mengalami sejumlah luka.

Sofiatin, 32, warga Banjarsari menceritakan, awalnya Ia mendengar ada sura seperti benturan benda keras. Setelah ia melihat, ternyata ada bus penumpang yang menyasak dua motor.

Serentak, melihat kejadian tersebut, warga sekitar langsung menyemut. Warga langsung berupaya  menolong pengendara dua motor yang terluka ke IGD RSUD Tongas.

“Saya hanya dengar crit… darr. Dan, saya lihat ada orang yang jatuh. Di bawah bus, juga ada motor. Saya tak berani mendekat karena takut,” terang Sofiatin.

Perempuan yang akrab disapa Sofi itu menjelaskan, mulanya bus itu melaju dari arah barat menuju timur. Sementara motor yang ditabrak juga berjalan searah.

“Sebelumnya, ada bus yang turunkan penumpang. Kemungkinan bus yang menabrak itu tidak melihat jika ada motor karena ada bus yang turunkan penumpang dan bus itu hendak menyalip,” bebernya.

Sementara itu, Zainal Arifin, 39, warga Desa Kudus, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang yang merupakan sopir Jawa Indah, mengakui, ia saat itu hendak menyalip bus lain yang berhenti lantaran menurunkan penumpang.

Nah, saat ia hendak menyalip, ada motor N 6696 TB yang dikendarai Saiman, 59, asal Dusun Krajan, Desa Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo yang memotong jalan.

“Motor itu langsung potong kompas (jalan). Saya sudah berusaha menghindar kearah kanan, namun karena jarak yang dekat, maka terjadilah tabrakan,” aku Zainal.

Saat banting setir ke arah kanan, bus malah menabrak motor yang dikendarai Juhari, 49, pengendara sepeda motor N 2857 RJ asal Dusun Kresek, Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih.

Saat Itu Juheri hendak menyeberang jalan. Ia melaju dari arah selatan menuju utara. Akibat tabrakan beruntun itu, Juhari dan juga Samian harus dilarikan ke IGD RSUD Tongas.

Tak lama kemudian anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota yang tiba dilokasi langsung mengamankan kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Akibat kejadian tersebut, Samian mengalami patah kaki sebelah kanan, serta luka di kepala. Sementara Juhari mengalami luka di bagian tangan kanan dan beberapa luka di bagian tubuh.

Kanit laka Satlanats Polress Probolinggo Kota Ipda Rizal mengatakan, kecelakaan dipicu karena pengendara motor abaikan jaga jarak aman. “Faktor yang mempengaruhi kecelakaan karena kurang hati-hatinya pengemudi motor nopol N 6696 TB,” jelasnya. (rpd/mie)