Tahun Ini Dapat Kuota Haji Kabupaten Probolinggo Mencapai 918 CJH

PROBOLINGGO – Jumlah calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Probolinggo yang akan berangkat tahun ini sudah diketahui. Tahun ini, Kabupaten Probolinggo mendapatkan kuota 918 CJH.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Santoso mengatakan, sudah ada pemberitahuan kuota CJH yang bakal berangkat ke tanah suci Makkah tahun ini. Ada sekitar 918 CJH. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 825 jamaah. Kuota CJH tahun ini ada tambahan sekitar 93 CJH. “Mereka sudah mendapatkan pemberitahuan,” katanya (2/1).

Santoso menjelaskan, informasi kuota CJH yang berangkat tahun ini lebih awal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi para CJH maupun petugas Kemenag. Karenanya, pihaknya mulai meminta CJH segera menyiapkan kelengkapan paspornya.

“Kuota 918 orang ini masih estimasi. Karena masih ada tahapan pelunasan. Tetapi, kuota ini tidak jauh dari 918 CJH. Karena bagi yang tidak melunasi akan digantikan oleh calon jamaah haji cadangan atau calon jamaah yang urutannya ada di bawahnya,” jelasnya.

Soal masa pelunasan biaya perjalan ibadah haji tahun ini, Santoso mengatakan, sejauh ini belum ada penetapan dari Kementerian Agama RI. Termasuk, waktu pelunasan juga masih menunggu.

Namun, pihaknya berharap CJH yang masuk kuota tahun ini menyiapkan biayanya. Sehingga, saat sudah ada penetapan besaran biaya ibadah hajinya, mereka bisa langsung melunasinya.

“Mumpung masih ada waktu, bagi calon jamaah yang akan berangkat tahun ini segera menyiapkan biaya kekurangannya. Supaya tidak tetunda atau gagal berangkat tahun ini,” ujarnya. (mas/fun)