CJH Kota Pasuruan yang Berangkat Tahun Ini, Mendaftar 8 Tahun Lalu

PASURUAN-Calon jamaah haji (CJH) Kota Pasuruan yang diberangkatkan tahun ini adalah mereka yang sudah mendaftar sejak delapan tahun silam. Tahun ini kuota awal mencapai 220 orang. Sedangkan kuota CJH cadangan atau tambahan sebanyak 21 orang.

“Namun, untuk kuota cadangan ini bisa berangkat, bisa juga tidak. Sebab, kami masih mendata CJH yang dapat dimasukkan dalam kuota tambahan tersebut,” kata Kasi Umrah dan Haji Kemenag Kota Pasuruan M. Ismail.

Ismail menyebut, pihaknya kini juga masih menghimpun data 220 calon jamaah haji. “Sementara ini masih pengumpulan data-data untuk persiapan paspor dan visa. Selanjutnya, akan dikirim ke Surabaya,” imbuhnya.

Kuota awal tahun ini, kata Ismail, juga dipastikan akan membuat CJH lebih lega. Sebab, CJH yang terakomodasi dalam kuota tersebut sudah mendaftar sejak delapan tahun silam. “CJH yang akan berangkat tahun ini sudah mendaftar dalam kurun waktu November 2010 hingga Februari 2011,” jelasnya.

Selain itu, Ismail juga mengatakan, masih akan mendata penggabungan calon jamaah haji. Ada tiga klasifikasi penggabungan. Yakni, penggabungan suami-istri, orang tua, dan anak maupun lanjut usia.

“Sambil lalu nanti kami akan mengusulkan penggabungan CJH. Misalnya ada suami yang berangkat tahun ini, namun istrinya belum, nanti kami usulkan. Termasuk anak dan orang tua,” ujarnya.

Kata Ismail, calon jamaah haji lansia yang dapat diusulkan harus berumur 75 tahun ke atas. Usulan itu, lanjutnya, diharapkan dapat mempercepat keberangkatan CJH ke tanah suci.

Sejauh ini, sudah ada 12 orang CJH yang mengajukan penggabungan. “Sementara yang sudah mengajukan penggabungan suami-istri, orang tua dan anak, maupun lansia sudah 12 orang. Lima persen dari kuota,” bebernya. (tom/hn)