Penyerahan Stadion Gelora Merdeka Belum Tuntas Tapi Tahun Ini Digelontor Rp 2,5 M

KRAKSAAN – Stadion Gelora Merdeka Kraksaan pengelolaannya bakal diambil alih Pemkab Probolinggo dari Perusda Rengganis. Pengalihan aset itu memang belum tuntas lantaran sampai kini masih diproses.

Meski masih proses, Pemkab Probolinggo rupanya sudah menyiapkan anggaran untuk stadion yang dahulu menjadi markas Persikapro tersebut. Anggaran yang nilainya miliaran itu ditujukan untuk prbaikan sarana dan prasarana di stadion yang ada di tengah-tengah ibukota Kabupaten Probolinggo itu.

Sampai awal 2019 rencana penyerahan pengelolaan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan dari kepada Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo belum juga terealisasi. Padahal, wancana penyerahan pengelolaan itu sudah digulirkan sejak 2017 lalu.

PLT Disporaparbud setenpat Tatok Krimaherto mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui kapan akan diserahkannya pengelolaan itu. Pihaknya masih menunggu pembahasan lebih lanjut perihak penyerahan itu. “Masih belum tahu. Tapi memang rencananya akan diserahkan. Kami masih menunggu kapan waktunya penyerahan itu,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut pria yang akrab disapa Tatok itu, walau waktu penyerahan masih belum ditentukan, tapi ia memastikan jika pengelolaannya itu akan dilakukan tahun ini. Menurutnya pula, kepastian itu juga lantaran tahun ini Disporaparbud telah menyiapkan anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana yang ada di stadion.

“Iya kami telah menyiapkan anggaran untuk tahun ini. Karena itu tahun ini pasti akan diserahkan kepada kami pengelolaannya,” terangnya.

Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp 2,5 miliar. Anggaran itu nantinya digunakan untuk lebih mempercantik Stadion Gelora Merdeka. “Itu sudah anggarannya. Jadi tahun ini ada pembangunan lagi setelah pembangunan yang dilakukan oleh Dinas Perkim,”jelasnya.

Sayangnya, saat media ini mencoba menghubungi Plt Direktur Perusda Rengganis, Asy’ari belum bisa dikonfirmasi. Telepon dan pesan yang dikirim media ini, belum direspon.

Di sisi lain, asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo M Sidik Wijanarko mengatakan, rencananya hari ini rapat terkait penyerahan pengelokaan itu akan dilakukan. Namun, pihaknya juga tidak bisa memastikan kapan waktu penyerahan akan dilakukan.

“Besok (hari ini) kami akan bahas. Ada banyak sebenarnya yang akan diserahkan. Tetapu, kami mendahulukan yang gelora itu. Sebab itu sudah lama rencanya dan besok kami bahas,” terangnya. (sid/fun)