Tol Malang-Pandaan Seksi I Tinggal Finishing, Diprediksi Maret Bisa Operasional

PANDAAN – Pengerjaan konstruksi ruas tol Malang-Pandaan (Mapan) kini kembali dikerjakan. Usai hampir dua pekan lamanya dioperasikan fungsional saat natal dan tahun baru, tol ini bahkan sudah tinggal menyisakan tahap finishing untuk seksi I.

Seksi I berada di antara Pandaan-Purwodadi, yang sepenuhnya berada di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sejauh ini, di lapangan hampir rampung secara keseluruhan. Sekarang dalam proses pekerjaan fisik konstruksi dan ditargetkan tuntas dalam akhir bulan ini.

Hal itu disampaikan langsung Agus Tri, humas PT. Jasamarga Pandaan Malang (JPM) saat dihubugi Jawa Pos Radar Bromo Senin (14/1) via telepon. “Ruas jalan tol ini ada lima seksi, progresnya paling tinggi mendekati rampung total adalah seksi satu antara Pandaan-Purwodadi. Di lapangan tinggal finishingnya saja,” katanya.

Di seksi satu, untuk pekerjaan fisik yang belum tuntas ia sebutkan tinggal pagar atau guardrail, rambu-rambu, serta item sifatnya kecil lainnya. Kondisi ini berbeda dengan seksi II, IV dan V. Menurut Agus Tri, di seksi II, III dan IV, proses pekerjaan dan progresnya masih dibawah 60 persen.

“Untuk seksi III, antara Lawang-Singosari, saat ini progresnya mencapai sekitar 90 persen, atau mendekati ruas jalan di seksi I. Baik seksi I, II, III, IV dan V. Untuk fisiknya ditarget akhir Maret tuntas. Setelah itu, lanjut dengan operasional resmi,” ungkapnya.

Sementara itu, pembebasan lahan di seksi satu yang wilayah sepenuhnya ada di Kabupaten Pasuruan, masih menyisakan 57 bidang. Lahan itu terdiri dari instansi BUMN, Tanah Kas Desa (TKD) dan sebagian masih tahap konsinyasi.

“Sisa bidang yang belum bebas, diluar jalur utama ruas jalan tol, posisinya berada di sekitaran dan akses-aksesnya saja. Pada intinya sudah beres dan tidak ada masalah, karena semuanya dalam proses ditangani BPN dan PPK Kementerian PUPR,” imbuhnya. (zal/fun)