Tahun Ini DLH Alokasikan Rp 7,5 Miliar untuk Penataan TPA Wonokerto

SUKOREJO – Satu-persatu sarana dan prasarana di tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, mulai dibangun. Pun begitu dengan penataan lahan lahan TPA. Tempat yang akan menjadi penampung sampah terbesar di Kabupaten Pasuruan ini, penatannya terus dibenahi.

Penataan itu sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu. TPA seluas 4,58 hektare ini sudah dibangun pagar safety berupa tembok maupun tempat isolasi limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

Agar ready digunakan, pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), di tahun ini akan lebih banyak membangun sarpras. Diantaranya jembatan di jalan baru, kantor TPA, penataan cell sampah, pembangunan instalasi gas metan dan penataan isolasi limbah B3, serta pembangunan IPAL air lindi (limbah cair yang timbul akibat masuknya air eksternal ke dalam timbunan sampah).

“Penataan TPA Wonokerto dikerjakan mulai tahun lalu. Karena belum tuntas, sehingga dilanjutkan pada tahun ini. Pendanaanya dialokasikan sekitar Rp 7,5 miliar,” jelas Plt kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Anang Syaiful Wijaya.

Lebih rinci ia sebutkan, untuk anggaran sebesar itu diperuntukkan di TPA Wonokerto dari APBD kabupaten ini. Disamping itu juga dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

“Adapun porsi anggarannya masing-masing DBHCT Rp 1,5 miliar dan APBD II Rp 6 miliar,” beber pejabat eselon dua yang juga asisten satu bidang pemerintahan Pemkab Pasuruan.

Sarpras tersebut harus dipenuhi dan ada untuk sebuah TPA. Semuanya harus dibangun dahulu, sebelum resmi beroperasi. “Saat ini proses persiapan administrasi, pekerjaan fisiknya melalui proses lelang,” ungkapnya.

Sejauh ini lahannya sudah tersedia. Ukurannya luas dan pembebasannya sudah tuntas pada 2017 lalu. Di tahun lalu pula mulai dilakukan penataan tahap awal.

“Jika pekerjaan sarpras-sarpras ini selesai dikerjakan, maka TPA Wonokerto sudah bisa difungsikan atau beroperasi. Targetnya akhir tahun ini atau awal tahun depan,” tuturnya. (zal/fun)