Jalan Kabupaten di Desa Sumberrejo-Tongas Ini Seperti Sirkuit Motocross, Banyak Jeglongan Dimana-mana

TONGAS – Kondisi jalan kabupaten yang berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, cukup memprihatinkan. Akibat lama tidak diperbaiki, jalan penghubung Kecamatan Tongas dengan Kecamatan Lumbang itu rusak berat. Kondisi jalan sepanjang 3 kilometer menjadi jalan makadam.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, jalan kabupaten saat masuk ke Desa Sumberrejo awalnya tampak mulus dan bagus. Namun, setelah 1 kilometer, langsung tersambung dengan jalan kabupaten dengan kondisi yang rusak parah.

Kepala Desa Sumberrejo Armo Eko mengakui kondisi jalan kabupaten di desanya membutuhkan perbaikan. Akibat lama tidak diperbaiki, kondisi jalan rusak parah seperti halnya jalan makadam. Padahal, jalan itu masuk jalan kabupaten.

“Kami dari desa tidak bisa mengalokasikan anggaran perbaikan jalan itu. Karena masuk jalan kabupaten dan wewenang pemerintah daerah kabupaten,” katanya.

Armo Eko menjelaskan, kerusakan jalan itu terjadi sejak tahun 2004 lalu. Atau, sekitar 14 tahun. Sempat ada perbaikan jalan kabupaten di desanya, namun hanya 1 kilometer. Padahal, jalan kabupaten di desanya itu menjadi penghubung desa dari Tongas ke Kecamatan Lumbang.

”Ada akses jalan lain. Tapi, harus keliling lewat Jalan Raya Tongas atau Jalan Raya Wonomerto. Itu, harus keliling dan jarak tempuhnya lebih jauh,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Prijono mengatakan, tahun ini tidak ada alokasi pembangunan jalan kabupaten di Desa Sumberrejo, Tongas. Sesuai dengan program tematik tahun ini, kegiatan infrastruktur jalan dipusatkan di akses menuju tempat wisata dan peningkatan perekonomian warga.

”Memang masih belum bisa menyentuh semua jalan di kabupaten. Karena diprioritaskan sesuai tematik pada tahun itu. Seperti tahun ini, tidak fokus pada infrastruktur jalan, tetapi merata ke bidang pendidikan, kesehatan, dan penuntasan kemiskinan,” terangnya. (mas/fun)