4 Anjal Lintas Daerah Diciduk di Kraksaan, Satu Diantaranya Cewek

KRAKSAAN-Empat anak jalanan (anjal) yang kerap mangkal di di traffic light Kecamatan kraksaan,  Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/1) diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat. Mereka diciduk lantaran dinilai meresahkan pengguna jalan yang melintas di wilayah sekitar.

Anjal yang masih di bawah umur itu lantas langsung digelandang ke Mako Satpol PP setempat. Saat didata petugas, ke semua anjal itu diketahui berasal dari luar Probolinggo. Dua diantaranya dari Situbondo, 1 dari Bondowoso dan 1 lainnya dari Banyuwangi.

Koordinator lapangan Satpol PP Nurul Arifin mengatakan, pihaknya mengamankan ke empat anjal itu saat tengah berpatroli. Melihat ada anjal yang berkeliaran di daerahnya, pihaknya langsung mengamankan.

“Mereka kami amankan saat patroli di sekitar Kraksaan. Kami mendapatkan laporan bahwa mereka kerap membuat resah para pengguna jalan. Sehingga, kemudian kami mengamankan mereka, ” ujar pria yang akrab disapa Nurul itu.

Usai diamankan, empat anjal yang terdiri dari 3 lelaki dan 1 perempuan itu lantas dibawa ke Mako Satpol PP. Ke empatnya diberi pembinaan oleh petugas penegak perda.

“Harapannya, mereka kembali ke rumahnya. Sebab,  berada di jalan itu, tidak baik dan membahayakan. Bukan hanya bagi dirinya sendiri. Tetapi, juga orang lain,” ungkapnya.

Sementara itu,  salah seorang anjal yang berinisial SM,  13, mengaku,  ia tinggal di wilayah Kraksaan baru sehari. Sebelumnya, ia beserta ketiga temannya baru datang dari Situbondo. “Saya datang di Probolinggo baru kemarin (Selasa 22/1) sore. Dan kemudian, mau gandol ke arah barat,” uangkapnya.

Saat dilakukan pengamanan itu,  keempatnya hendak mencari makan. Namun, saat perjalanan itu ada seorang laki laki yang tidak dikenal.

Lelaki itu kemudian menawarkan uang Rp 5 ribu dan dijanjikan untuk dibelikan makan. Tetapi ternyata, mereka dibawa ke mako pol pp. ” Kami awalnya, ya mau saja, katanya mau dibelikan makan, ” terangnya. (sid/mie)