Buruh Kembali Demo LAPAN, Ngotot 3 Security Dipekerjakan, Hasilnya Begini

GEMPOL – Aksi unjuk rasa kembali digelar SBSI Metal Pasuruan di depan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan, Senin (28/1). Dalam aksi kedua tersebut, buruh kembali mendatangi kantor Lapan yang berlokasi di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol.

Aksi lanjutan dari akhir pekan lalu tersebut, kembali membawa buruh yang jumlahnya hampir sama dengan aksi pertama. Bedanya, aksi pertama mengambil titik kumpul di Apollo, Gempol. Di aksi yang kedua, buruh berangkat dari Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan.

“Aksi yang sekarang sama dengan kemarin, yakni solidaritas untuk tiga anggota kami yang bekerja sebagai security di LAPAN Pasuruan, namun sekarang dirumahkan,” jelas ketua SBSI Metal Pasuruan Sugeng Wahyudi.

Menurut Sugeng, tuntutan SBSI tidak berubah. Ia katakan menuntut keadilan bagi tiga rekannya tersebut dipekerjakan kembali. Disamping itu, kata Sugeng Wahyudi, selama dirumahkan gaji tetap diberikan sekaligus dibayar utuh.

Di sela-sela aksi unjuk rasa, sempat dilakukan proses mediasi antara kedua belah pihak. Perwakilan SBSI Metal Pasuruan ditemui pimpinan LAPAN Pasuruan.

Namun pertemuan tersebut berjalan alot. Tidak ada titik temu serta antara kedua belah pihak. Jelang siang, aksi unjuk rasa di depan LAPAN Pasuruan berakhir dan buruh kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

“Proses mediasi dengan pertemuan sudah kami lakukan, dan tidak ada kesepakatan. Mereka (SBSI Metal Pasuruan, red) juga kami sama-sama punya persepsi masing-masing yang berbeda,” tutur kepala LAPAN Pasuruan Dian Yudha Risdianto.

Terkait ini, ia tegas menyebutkan tiga orang security tersebut kontraknya memang sudah habis dan tidak diperpanjang. Ketiganya bukan di-PHK ataupun dirumahkan. Di samping itu, lanjut Dian Yudha, LAPAN juga telah mengevaluasi secara internal menyangkut kinerjanya selama ini. Evaluasi itu menjadi pertimbangan penting, untuk diperpanjang kontraknya atau dipekerjakan kembali.

“Keputusan kami tetap sama. Jika rekan dari SBSI Metal Pasuruan bersikukuh, silahkan lanjut ke tingkatan lainnya,” ucapnya. (zal/fun)