Dinas Perhubungan Naikkan Target Retribusi Parkir Berlangganan Rp 800 Juta

SEMAKIN BANYAK: Kendaraan yang parkir di Pandaan beberapa waktu lalu. Dengan banyaknya kendaraan di Kabupaten Pasuruan, membuat Dishub berani mematok target tinggi untuk retribusi parkir berlangganan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Dari sejumlah sektor jenis parkir yang ada di Kabupaten Pasuruan, parkir berlangganan menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbanyak. Di tahun ini, retribusi parkir berlangganan menjadi PAD paling besar bagi Dinas Perhubungan (Dishub). Target PAD-nya bahkan dinaikkan sebesar Rp 800 juta ketimbang tahun lalu.

Target Rp 800 juta ini juga lompatan yang cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2018. Di tahun lalu, Dishub menargetkan hanya Rp 300 juta.

“Untuk parkir berlangganan target tahun sekarang Rp 9,6 miliar, lebih besar atau selisih Rp 800 juta dari target tahun lalu,” jelas Abu Hasan, Kabid Dalops Dishub Kabupaten Pasuruan.

Nilai target yang besar di tahun ini, hampir mencapai Rp 10 miliar. Dishub bukan asal pasang target semata. Sebaliknya melihat dan mengukur potensi yang ada di lapangan.

Yakni meningkatnya jumlah kendaraan baru, baik motor dan mobil atau lainnya.

Di Kabupaten Pasuruan, jumlah meningkat hingga lima persen. Belum lagi ditambah kendaraan lama sampai yang sampai sekarang masih operasional.

Adapun parkir berlangganan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor R2, R4 dan lebih bernopol Kabupaten Pasuruan. “Berlaku setahun sekali, pembayaran parkir berlangganannya bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di kantor samsat maupun link,” tukasnya.

Untuk besaran retribusinya, parkir berlangganan diatur dalam Perda 6/2012 tentang retibusi pelayanan parkir di tepi jalan umum kendaraan roda dua sebesar Rp 20 ribu. Sementara kendaraan roda empat atau lebih, besarannya Rp 45 ribu.

“Dengan potensi yang ada, kami optimistis untuk realisasinya akan memenuhi target yang ditetapkan. Atau bahkan malah lebih,” ujarnya. (zal/fun)

 

PAD Parkir Berlangganan di Kabupaten Pasuruan
Tahun                   Target                                   Realisasi
2017                       Rp 8.500.000.000                Rp 8.935.915.000
2018                       Rp 8.800.000.000                Rp 9.517.230.000
2019                       Rp 9.600.000.000                ?
Sumber: Dishub Kabupaten Pasuruan