Nyalakan Lilin dan Terjatuh, Rumah Penjual Bensin di Lumbang Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

BARA: Api yang membakar rumah dan toko milik Solehan di Dusun Krontorejo, Desa Kronto, Kecamatan Lumbang, Minggu (28/1) malm. (Foto: Polsek Lumbang for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

LUMBANG – Ketenangan warga Dusun Krontorejo, Desa Kronto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan mendadak buyar. Itu setelah sebuah rumah, toko dan warung di RT 3 RW 2 ludes di lalap si jago merah, Senin (28/1) malam.

Pemilik rumah diketahui bernama Solehan, 64 tahun. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.20. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang diperoleh radarbromo.co.id kebakaran itu terjadi usai habis Maghrib. Saat itu listrik mati di desa setempat. Solehan lantas menyalakan lilin untuk menerangi rumahnya. Lilin ini diletakkan di ruang keluarga. Namun tanpa disengaja, lilin ini terjatuh. Kebetulan di dekatnya ada bensin yang diletakkan di pojok ruangan.

Dengan cepat, api dari lilin itu menyambar bensih dan membesar sehingga membakar seluruh isi rumah. Tak hanya itu, api juga menyambar toko dan warung miliknya yang terletak di sebelah utara rumahnya.

Karena berada di dekat pemukiman, warga setempat sempat panik. Mereka datang membantu untuk memadamkan api. Mereka membawa peralatan seadanya seperti timba dan gayung . Namun, api dengan cepat meludeskan seluruh bangunan.

LUDES: Rumah Solehan usai api padam. (Foto: Polsek Lumbang for Jawa Pos Radar Bromo)

Kapolsek Lumbang, AKP Suparmin membenarkan adanya peristiwa kebakaran di desa Kronto, Kecamatan Lumbang. Dari pemeriksaan para saksi, diketahui jika peristiwa ini murni karena kelalaian pemilik rumah.

“Kami mendapatkan laporan sekitar pukul 19.30. api sendiri berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00. Dipastikan tidak ada unsur lain dan murni karena kelalaian. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 400 juta,”jelasnya. (riz/fun)