Sempat Down, Situs Pemkot dan Aplikasi Sijaja Kembali Normal

PASURUAN – Situs resmi Pemkot Pasuruan kembali normal setelah servernya sempat down beberapa waktu lalu. Gangguan itu terjadi lantaran server terinfeksi malware. Pemkot juga sempat mengajukan klarifikasi ke pihak Google selama proses perbaikan.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pasuruan Fendy Krisdiyono mengatakan, kondisi server yang sempat down itu berlangsung empat hari. Selama itu pula situs resmi Pemkot Pasuruan tak bisa diakses. “Penyebabnya dikarenakan malware yang ada pada aplikasi Sijaja. Kemudian, kami analisis virusnya dan mengaudit sistemnya,” ujarnya.

Menurut Fendy, pihaknya langsung mengaudit virus yang diakibatkan karena unggahan data pada aplikasi Sijaja. Selain itu, juga mengajukan klarifikasi ke pihak Google untuk memastikan indikasi virus itu benar-benar hilang. “Klarifikasi dari Google selama tiga hari. Setelah itu sudah normal dan bisa diakses sejak dua pekan lalu,” ujarnya.

Pasca terinfeksinya virus, aplikasi Sijaja menggunakan server dari pihak lain. Sehingga, tak lagi menggunakan server milik Dinas Kominfo Pemkot Pasuruan. Sebab, kapasitas server tak mencukupi kebutuhan aplikasi Sijaja. “Kapasitas server kami hanya 16 gigabyte. Kebutuhan Sijaja itu besar. Untuk sementara waktu memang belum bisa menggunakan server kami,” ujarnya. (tom/fun)