73 Resmi CJH di Kab Pasuruan Mengundurkan Diri, Mayoritas Karena Alasan Ini

PASURUAN – Kendati masih awal tahun 2019, sebanyak 73 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan secara resmi mengundurkan diri untuk berangkat tahun ini. Dari kuota tersebut, dipastikan kursi kosong tersebut langsung diisi oleh cadangan yang sebelumnya sudah terdata di Kementerian Agama (Kemenag).

Hal itu diungkapkan Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan. Menurut dia, pengunduran diri itu dilakukan CJH sebelum masa pelunasan biaya haji. “Sudah ada 73 CJH sudah mengajukan surat pengunduran diri secara resmi,” terangnya.

Surat pengunduran diri tersebut sudah diajukan ke Kemenag Kabupaten Pasuruan. Sehingga langkah selanjutnya akan dilaporkan ke Kemenag Kanwil dan diteruskan ke Kemenag Pusat. Karena sudah resmi, nantinya kuota yang kosong tersebut akan langsung diisi oleh cadangan yang sebelumnya sudah terdata.

Imron menambahkan, pengunduran diri CJH memang adalah hak dari jamaah sendiri. Alasannya memang berbagai sebab. Selain ada yang sudah terdata meninggal dan sudah diketahui ahli waris, ada juga yang beralasan lantaran sakit, masih kurang biaya, faktor keluarga dan memang belum siap berangkat tahun ini. (eka/fun)