Geger Kambing Mati Mendadak di Karanganyar-Paiton, Warga Menduga Makhluk Halus

PAITON – Keresahan kini meliputi warga di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Ini setelah warga dihebohkan dengan penemuan dua ekor kambing yang mati mendadak. Yang membuat gempar, bangkai kambing itu mati tidak wajar, yakni perutnya berlubang dan organ dalamnya menghilang. Warga menduga, kematian kambing itu dimakan binatang liar.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, dua kambing itu ditemukan mati dengan kondisi penuh darah di dalam kandangnya. Kematian dua kambing itu terjadi Senin (28/1) sekitar pukul 20.00.

Kematian dua kambing itu pertama kali ditemukan sang pemilik yakni Rahman, 54. Bermula saat itu dia mendengar suara ribut yang berasal dari dalam kandang kambing miliknya. Mendengar suara itu, kemudian ia penasaran dan mendatangi kandang kambing dan melihat kedua kambingnya telah mati.

“Saya tidak tau apa yang memakannya. Mungkin anjing, soalnya katanya banyak yang melihat ada yang berkeliaran,” ujarnya.

Kabar matinya kambing milik Rahan dengan kondisi yang tidak wajar itu kemudian langsung tersebar. Warga yang memiliki kambing langsung berkumpul dan mengadakan ronda. Warga ronda hingga Selasa (29/1) subuh. Dan ternyata benar, menjelang subuh, ada yang melihat anjing tersebut.

Warga bahkan sempat membuntuti, namun sayang mereka kehilangan jejak. Setelah itu, warga dikagetkan dengan suara kambing yang seperti terancam bahaya.

“Yang berteriak itu kan kambing saya karenanya saya langsung melihat ke kandang dan ternyata benar ada hewan yang sedang mengganggu dan berhasil menggigitnya. Tapi langsung saya usir dan lari,” Ujar muzakki pemilik dua kambing lain yang juga sempat di datangi hewan liar itu.

Kabar tersebut kian heboh, karena ada cerita versi lain yang juga menyebar. Cerita itu adalah, matinya kambing akibat ulah makhluk halus yang mirip dengan anjing. Karena cara memangsanya dengan melubangi perut dan memakan seluruh isi perut kambing. “Kami sempat mengepungnya, tapi tak berhasil ditangkap,” kata Muzakki.

Ia menyebut, saat memangsa kambing-kambing tersebut, banyak warga yang melihatnya. Hewan itu sangat mirip dengan jenglot. Cara memangsanya juga mirip Jenglot, dengan memakan seluruh isi perut kambing. “Warga dibuat panik. Karena hewan itu masuk kandang kambing, tapi tidak sampai merusak kandang,” tambahnya.

Hingga saat ini, warga masih dibuat resah. “Karena disini masih banyak kambing. Yang ditakuti itu, khawatir jenglot tidak hanya memakan kambing. Tapi akan memakan bayi atau anak-anak disini,” terang Muzaki. (sid/fun)