Pengembangan Sentra Pia di Gempol Dilanjut, Tahun Ini Dialokasikan Rp 1,8 Miliar untuk Ini

GEMPOL – Setelah hampir setahun mangkrak, sentra pia di Dusun Warurejo, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, mulai ada progresnya. Pasalnya, di tahun ini Pemkab Pasuruan bakal mengalokasikan dana kembali untuk pembangunannya.

Tak tanggung-tanggung, dana yang akan dikeluarkan juga kembali mencapai miliaran rupiah. Rencananya, dengan dana miliaran tersebut, pembangunan akan dilanjutkan untuk menambah sarana-prasarana serta fasilitas di sentra pia.

Sebelumnya, sentra pia ini sudah dibangun pada 2017 lalu. Kala itu nilainya Rp 1,1 miliar dari APBD, untuk membangun gedungnya. Namun setelah selesai, sentra pia ini belum juga operasional dan sebaliknya malah mangkrak. Penyebabnya, pembangunan sarpras pendukungnya tidak ada sepanjang tahun 2018.

“Kalau 2017 lalu pembangunan tahap pertamanya. Untuk tahun ini adalah tahap keduanya sekaligus bagian dari pengembangan gedung sentra pia yang sudah ada,” terang Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Disperindag Kabupaten Pasuruan Syaifudin Zuhri.

Dibandingkan tahap pertama, untuk tahap kedua sekarang nilai anggarannya lebih besar. Karena peruntukan untuk kegiatan fisiknya lebih banyak pula.

Di antaranya meliputi pengurukan, site development, musala, toilet dan sarana pendukung lainnya seperti permainan anak-anak dan juga parkir.

“Bisa dikatakan ini tahap akhir sekaligus penyempurnaan sarpras sekaligus finishingnya, untuk sentra pia di Kejapanan ini,” ungkapnya.

Mengingat item pekerjaan fisiknya lumayan banyak, saat ini mulai dilakukan proses perencanaan. Sekaligus persiapan administrasinya, yakni melalui proses lelang.

“Pertengahan tahun ini diupayakan sudah start pekerjaan fisiknya, dan sebelum akhir tahun sudah tuntas 100 persen. Sehingga awal 2020 mendatang diharapkan sudah bisa operasional,” ucapnya. (zal/fun)