Polisi Ringkus Empat Pemakai Sabu Asal Purwodadi

PURWODADI – Reskoba Polres Pasuruan kembali berhasil meringkus pemakai dan penjual sabu. Kali ini ada empat pelaku yang dibekuk dan seluruhnya berasal dari Purwodadi. Dari tangan keempat pelaku, polisi berhasil mengamankan sabu seberat total 2,41 gram.

Penangkapan keempat pelaku itu dibenarkan AKP Nanang Sugiyono, Kasatreskoba Polres Pasuruan. Dia mengatakan bahwa penangkapan pelaku pemakai dan pengedar narkoba di Purwodadi ini adalah rangkaian penjual dan pemakai.

“Jadi dari satu orang kami kembangkan, dan akhirnya lakukan penangkapan di tiga lokasi,” terangnya.

Di lokasi pertama tangkapan terjadi di rumah di Dusun Blimbing Timur, Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Penangkapan dilakukan Selasa (29/1) pada pukul 02.00. Yang diamankan adalah Aan Dwi Saputra, 20, warga Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi dan Bambang Mujianto, 37, warga Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi.

Nanang mengatakan, kedua pelaku ini nekat menggunakan dan mengedarkan narkoba dengan alasan ekonomi. “Selain alasan ekonomi, juga untuk stamina kerja agar kuat bekerja sebagai sopir,” terangnya.

Dari tangkapan tersebut diamankan 2 kantong plastik berisi narkotika golongan 1 dengan berat 1,11 gram dan 0,24 gram, 1 pipet kaca kosong, 2 buah hape dan 1 tas kecil.

Setelah pengembangan, tangkapan dilanjutkan di sebuah rumah dusun Seloan, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi. “Jadi memang ada rangkaian, pelaku beli ke pelaku lain sehingga tangkapan kami kembangkan lagi,” terangnya.

Untuk tangkapan kedua ini terjadi selang satu jam dari penangkapan pertama. Dua tersangkanya yang berhasil dibekuk adalah Wafi Ulmukromin, 30, warga Desa Capang, Kecamatan Purwodadi. Lelaki yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini berasalan memakai dan mengendarkan sabu selain untuk stamina bekerja juga untuk tambahan ekonomi.

Saat ditangkap juga diamankan 1 kantong plastik berisi narkotika jenis sabu berat 0,75 gram, 1 pipet kaca berisi sisa sabu dengan berat kotor Rp 1,75 gram, 2 pipet kaca kosong, dan sebagainya.

Tangkapan terakhir dilakukan sekitar pukul 05.00 dini hari di rumah Dusun Seloan, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Yang ditangkap adalah Rudik Sugiarto, 32, warga Desa Capang, Kecamatan Purwodadi. Diamankan juga barang bukti berupa 1 kantong plastik berisi sabu dengan berat kotor 0,31 gram. (eka/fun)