Salurkan Bantuan Rp 109 Juta untuk Korban Tsunami Selat Sunda

PEDULI: Sekda Kota Probolinggo dr. Bambang Agus Suwignyo menyerahkan bantuan untuk korban bencana tsunami Selat Sunda pada Pemred Jawa Pos Radar Bromo Radfan Faisal. (Bagian Humas Protokol For Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN – Pemkot Probolinggo mengumpulkan donasi untuk korban tsunami Selat Sunda dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perusahaan. Total donasi yang terkumpul mencapai Rp 139.686.500. Sebagian besar donasi yang terkumpul, disalurkan melalui Jawa Pos Radar Bromo.

Serah terima donasi itu dilakukan di ruang Sekda Kota Probolinggo dr. Bambang Agus Suwignyo, pukul 14.00, Selasa (29/1). Donasi diterima Pemimpin Redaksi (Pemred) Jawa Pos Radar Bromo Radfan Faisal. Sebelum dilakukan serah terima donasi, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan.

Dr. Bambang Agus Suwignyo mengatakan, bukan kali ini saja pemkot menyalurkan donasi untuk korban bencana. “Mulai gempa di NTB, tsunami di Palu, dan saat ini untuk korban bencana di Selat Sunda. Donasi ini merupakan kepedulian ASN dan perusahaan pada saudara-saudara kita di lokasi bencana,” terangnya.

Saat gempa di NTB, pemkot berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp 60 juta. Saat itu, Wali Kota Rukmini yang menyerahkan bantuan tersebut. Kemudian, saat tsunami di Palu, pemkot berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp 250 juta. Penyerahan bantuannya saat itu melalui PMI.

Tak hanya donasi dari ASN, pemkot juga menyalurkan bantuan dari APBD. “Bentuknya G to G (government to government, Red). Itu dibolehkan setelah ada instruksi dari Mendagri (Tjahjo Kumolo, Red). Kami juga membuatkan perwali untuk aturannya. Masing-masing Rp 250 juta,” kata pria yang akrab disapa Agus itu.

Untuk donasi pada korban tsunami Selat Sunda, dilakukan sejak 26 Desember lalu. “Tidak hanya ASN, juga ada dari perusahaan dan pelajar. Pelajar ini dihimpun melalui Disdikpora,” ujar Prijo Djatmiko, kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD yang mendampingi Agus.

Total bantuan yang terkumpul untuk korban bencana Selat Sunda, Rp 139.686.500. Sekitar Rp 30 juta disalurkan melalui PMI. Sementara Rp 109 juta disalurkan melalui Jawa Pos Radar Bromo. Penyaluran bantuan akan melibatkan lembaga Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Agus berharap, kepedulian semacam ini terus ditunjukkan masyarakat Kota Probolinggo.

Sementara itu, Radfan Faisal menyambut baik penyaluran bantuan tersebut. “Kami akan segera salurkan pada korban bencana melalui BSMI. Oleh BSMI, donasi ini akan dilaporkan penggunaannya. Bantuan ini akan meringankan beban saudara-saudara kita di lokasi bencana,” katanya. (rf/hn)