Tiga Perangkat Desa yang Terjerat Narkoba Terancam Dipecat

KRAKSAAN – Adanya tiga perangkat desa yang diamankan Polres Probolinggo terkait narkoba, menjadi perhatian serius pemkab setempat. Inspektorat bakal mengklarifikasi soal kebenaran penangkapan tiga perangkat desa tersebut. Jika terbukti terlibat atau melanggar, ketiga perangkat desa itu terancam dipecat.

Hal itu disampaikan Kepala Inspektorat Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono. Sigit –sapaan akrabnya– mengatakan, dirinya belum mengetahui adanya penangkapan terhadap tiga perangkat desa atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian.

”Tim kami nanti akan turun dulu untuk klarifikasi kebenaran informasi itu. Karena kasus narkoba itu jadi perhatian serius,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Selasa (21/1). Pihaknya juga menyerahkan proses hukum ketiga perangkat pada polisi. Baru setelah kasus tersebut berkekuatan hukum tetap, pihaknya bisa menjatuhkan sanksi.

“Kami tetap akan ikuti proses hukum. Termasuk menunggu putusan inkracht untuk memproses sanksinya,” terangnya. Disinggung soal sanksi, Sigit belum dapat memastikan. Namun, kasus narkoba ini tergolong berat. Tidak menutup kemungkinan ketiga perangkat itu dipecat. (mas/rf)