Dicokot Kawan, Pengedar Pil di Gading Wetan Dibekuk Polisi

KRAKSAAN – Polres Probolinggo kembali mengamankan pelaku pengedar pil jenis trixhexyphenidryl. Kali ini yang diamankan yakni Fauzi Ari Sandi, 21, warga Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, penangkapan tersebut dilakukan Rabu (30/1) sekitar pukul 14.15 WIB. Penangkapan dilakukan dirumah pelaku yaitu di Desa Gading Wetan.

Kasatreskoba, AKP Suherly Sanjaya mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan pengembangan dari tersangka Ade Asep Saputra, yang telah diamankan terlebih dulu. Berdasarkan keterangan dari tersangka pertama itulah, Fauzi terlibat dalam melakukan pengedaran pil koplo itu.

“Saat diamankan pelaku tidak melakukan perlawanan dan langsung dibawa oleh anggota,” ungkapnya.

Ade diamankan Polsek Pakuniran. Ade mengaku membeli barang tanpa izin edar tersebut dari pelaku. “Jadi yang menangkap itu anggota polsek, dan ini pengedar yang telah mengedarkan barangnya hingga ke Pakuniran,” tandasnya.

Tidak hanya itu, menurut Herly, sapaan kasat, pelaku Fauzi mengakui bahwa dirinya yang menjual pil tanpa izin itu. Menurutnya, ia juga melayani pembelian di daerah lain. Karena ulahnya itu akhirnya dia berurusan kepada pihak penegak hukum.

Selain mengamankan pelakum pihak petugas juga berhasil mengamankan barang bukti. Antara lain uang sebanyak Rp 20.000. Uang tersebut diduga merupakan sisa hasil penjualan dari atas Ade Asep Saputra. Selain itu sebuah smartphone ikut disita. Dari ponsel itulah juga terungkap, bahwa tersangka Ade kerap berkomunikasi dengan Fauzi.

“Semuanya diamnakan demi kepentigan penyelidikan. Untuk pelaku dijerat dengan pasal 196 Sub. 197 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan,” tegasnya. (sid/fun)