Ini Kesibukan Wali Kota-Wawali Anyar Probolinggo di Hari Pertama Kerja

SILATURAHMI: Seorang pegawai Pemkot Probolinggo mencium tangan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang melakukan kunjungan ke sejumlah kantor OPD, di hari pertamanya masuk kerja usai dilantik, (31/1). (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN-Sehari setelah pelantikan, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota HMS Subri langsung menjalani seabrek kegiatan. Di antaranya, menyapa pegawai yang berkantor di sekertariat, hingga bersilaturahmi dengan Forkopimda.

Pagi hari, Sekda dr Bambang Agus Suwignyo beserta asisten dan staf ahli, mendampingi agenda Hadi dan Subri menyapa pegawai. Setiap ruangan didatangi oleh pemimpin baru tersebut. Di antaranya Bagian Umum, Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Organisasi, dan Bagian Pemerintahan.

Kemudian Bagian Humas dan Protokol, Bagian Hukum, serta Bagian Perekonomian. Selanjutnya, kantor Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset (BPPKA). Di sana, dua pemimpin baru ini mendatangi ruang pelayanan pajak daerah yang tepat berada di depan kantor BPPKA.

“Tujuan kedatangan saya untuk bersilaturahmi. Hari ini (31/1) adalah hari pertama saya, supaya kenal makanya ke sini,” kata Habib Hadi saat berkunjung ke setiap ruangan.

TINJAU: Habib Hadi dan HMS Subri saat mengunjungi kantor Humas dan Protokol Pemkot Probolinggo di hari pertama kerja, Kamis (31/1). (Zainal Arifin/ Radar Bromo)

Saat berada di ruang Bagian Organisasi, Kabag Organisasi Heri Astuti menyerahkan 2 tanda pengenal kepada wali kota. “Kalau ini digunakan saat menggunakan seragam yang tidak ada kantung dada,” jelas Heri Astuti sambil menyerahkan tanda pengenal.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota juga mendatangi tempat pelayanan pajak daerah di kantor BPPKA. Di sana juga menanyakan proses alur pelayanan di kantor pelayanan tersebut. “Dimulai dari mana pelayanan di sini? Apakah harus mengantre?” tanya Hadi kepada Kepala BPPKA Imanto.

Imanto pun menjawab pertanyaan Hadi. “Untuk pelayanan dimulai dari mengambil kartu  yang ditempatkan di luar ruangan. Masih manual. Tapi, kami sudah mengajukan mesin antrean,” jelasnya.

Sementara itu, saat ditemui sejumlah awak media, Hadi menegaskan bahwa tujuan keliling sejumlah kantor OPD itu untuk mengenal lebih dekat pegawai di lingkungan pemkot. “Hanya silaturahmi. Bertemu dan berpesan. Nanti ada arahan agar semua melaksanakan tugas sesuai petunjuk,” ujarnya.

Tak berhenti sampai di situ, beranjak siang, agenda Hadi dan Subri kembali dipadatkan dengan berbagai pertemuan. Di antaranya, DPRD dan Kodim 0820. Saat bertemu jajaran Kodim, mereka dicurhati perlunya penambahan kantor Koramil di Kota Probolinggo.

Hal ini diusulkan Dandim Letkol Inf. Imam Wibowo. Menurutnya, Kota Probolinggo memiliki 5 kecamatan, namun kantor Koramil hanya di Kanigaran dan Wonoasih saja. “Jika memungkinkan Pemkot Probolinggo menambah 2 kantor Koramil. Hal ini untuk mendukung keamanan masyarakat,” katanya.

Hadi juga menerima masukan soal penambahan kantor Koramil tersebut. “Insya Allah diprogramkan untuk tahun depan. Memang perlu ada penambahan kantor Koramil untuk mendukung keamanan masyarakat,” katanya saat ditemui di sela-sela kunjungan ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari). (put/rf)