Rp 1,1 Miliar untuk Tambah TPS3R, Lokasi yang Baru di Kelurahan Ini

PASURUAN – Banyaknya sampah yang harus teratasi secara maksimal di Kota Pasuruan mendorong pemerintah setempat menambah tempat pembuangan sampah (TPS) reuse reduce recycle (3R). Hal itu dinilai penting untuk mengoptimalkan penanganan serta pengolahan sampah.

Untuk merealisasikan pembangunan itu, pihaknya sudah mengalokasikan dana senilai Rp 1,1 miliar. “Saat ini, masih disusun pererencanaannya. Kami targetkan pada bulan April sudah dilelang,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasuruan, Rudiyanto kemarin (31/1).

Dia menuturkan, timbunan sampah saat ini memang kian bertambah. Berdasarkan jumlah pasokan sampah di TPA Blandongan, setiap harinya terdapat 70 ton sampah. Dia membeberkan keberadaan TPS 3R juga diharapkan dapat mengurangi timbunan sampah yang ada di TPA Blandongan.

Lokasi pembangunan TPS 3R itu, terletak di Kelurahan Randusari, Kecamatan Gadingrejo. Tepatnya bersebelahan dengan lapangan yang ada di depan Puskesmas Pembantu Randusari. Menurut Rudi, lokasi pembangunan itu memanfaatkan tanah aset Pemkot Pasuruan. “Lahannya merupakan tanah eks bengkok. Paling tidak untuk TPS 3R kami membutuhkan lahan seluas 600 hingga 1.000 meter persegi,” ujarnya. (tom/fun)