RTH di Kota Pasuruan Baru Cakup 24 Persen

PANGGUNGREJO – Jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Pasuruan masih dinilai kurang. Karena itu, Pemkot berencana untuk menambah RTH. Diharapkan keberadaan RTH ini juga bisa menjadi solusi banjir yang kerap terjadi di Kota Pasuruan.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo mengungkapkan, Kota Pasuruan masih membutuhkan penambahan RTH. Pasalnya, jumlah RTH yang tersedia saat ini masih belum mencapai ideal.

Saat ini, luas areal RTH di Kota Pasuruan baru mencakup 24 persen dari total luas wilayah. Di sisi lain, idealnya, cakupan RTH di suatu daerah itu minimal mencapai 30 persen dari luas wilayah. Pemkot pun terus berupaya menambah RTH.

Saat ini, RTH yang sudah tersedia di Kota Pasuruan diantaranya Taman Kota, Taman Pekuncen, RTH Petamanan, Alun-Alun Kota Pasuruan dan Taman Lansia. RTH ini pun ramai dikunjungi oleh warga setempat setiap harinya terutama saat akhir pekan.

“Kami berkeinginan terus menambah RTH karena yang ada saat ini masih kurang. Termasuk taman botani yang menyebar di 34 kelurahan di empat kecamatan,”jelasnya.

Teno-sapaan akrabnya menyebut keinginan ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, keberadaan RTH di Kota Pasuruan sangat dibutuhkan. Tujuannya, untuk menambah keindahan kota, tempat rekreasi bagi keluarga serta serapan banjir.

“Kota Pasuruan kerap dilanda banjir. Salah satu solusi untuk mengurangi genangan adalah terus menambah RTH dan taman botani. Kami bakal upayakan setiap tahun,”ungkap Teno. (riz/fun)