Tunggu Usulan Rehab Pasar Desa, Tapi Pemkab Sudah Siapkan Anggaran Segini

BANGIL – Pemkab Pasuruan menyiapkan dana hingga Rp 4,5 miliar untuk rehab pasar desa di Kabupaten Pasuruan tahun ini. Hanya saja, rehab pasar desa tersebut belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Pasalnya, Pemkab masih menunggu usulan dari pemerintah desa. “Kami masih menunggu usulan yang masuk,” kata Kepala Bidang Bina Keuangan dan Kekayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Andar Sulistyorini.

Andar menambahkan, dana Rp 4,5 miliar tersebut, diproyeksikan untuk membenahi sekitar 28 pasar desa di Kabupaten Pasuruan. Hal tersebut seperti yang telah direalisasikan pemkab tahun sebelumnya.

Di mana pada tahun 2018, Pemkab Pasuruan menggelontorkan dana Rp 4,5 miliar. Dana itu dipergunakan membenahi 28 pasar desa. Beberapa di antaranya yaitu Pasar Desa Pakukerto, Kecamatan Sukorejo; Pasar Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi; dan sejumlah pasar desa lainnya.

“Rata-rata dianggarkan Rp 150 juta sampai Rp 200 juta untuk tiap pasar desa,” sampainya.

Sejauh ini, kata Andar, Pemkab masih menunggu usulan dari pemerintah desa. Sementara ini, belum banyak proposal yang masuk. Baru sekitar 10 proposal pengajuan rehab pasar desa yang diterimanya.

“Kami memperkirakan, pertengahan tahun baru bisa direalisasikan pencairannya,” sampainya. (one/fun)