Korban Puting Beliung di Gending-Maron Tak Dapat Bantuan RTLH

KATEGORI MAMPU: Sebuah gudang mebeler di Kecamatan Gending yang atapnya rusak usai tersapu puting beliung pada 22 Januari silam. Dari puluhan rumah yang rusak, tak semuanya bisa diberikan bantuan perbaikan rumah tak layak huni. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

GENDING – Dari 37 rumah rusak akibat puting beliung di Kecamatan Gending dan Maron, tidak satupun yang bisa diikutkan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Ini lantaran, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan setempat menganggap, dari data rumah yang terdampak tersebut tidak memenuhi syarat mendapatkan bantuan RTLH.

Hal itu diungkapkan kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan setempat Donny Adianto. Menurutnya, tidak satupun rumah yang terdampak puting beliung pada bulan lalu, yang di ikutkan program RTLH.

“Tidak ada yang kami ikutkan. Semuanya yang terdampak itu tidak layak untuk mendapatkan atau diikutkan program RTLH,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, saat dilakukan pendataan dan survei rumah yang terdampak bencana, Dinas Perkim menilai, tidak satupun yang layak untuk ikut RTLH. Untuk ikut program RTLH sendiri, ada beberapa syarat. Yaitu atap, tembok, dan juga lantai tidak tidak layak. Selain itu, juga warga yang dimaksud adalah benar-benar warga tidak mampu.

“Kan ada syaratnya. Kami lihat dari atap, tembok, dan lantainya itu bagus. Berarti kan layak. Dan yang punya rumah juga kategori mampu,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Donny itu menjelaskan, dengan demikian dipastikan tidak ada yang dapat. Menurutnya, bukan berarti warga yang terdampak bencana itu lantas tidak mendapat bantuan sama sekali. Tetapi, menurutnya pemkab akan mengambilkan dari dana lain.

“Kan tidak harus dari kami (Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan). Jadi pemkab masih berupaya untuk memberikan bantuan dari pos lain,” terangnya.

Lebih lanjut, menurutnya salah satunya yaitu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Dari BPBD pasti ada dana yang akan digunakan untuk membantu para korban bencana alam itu. “Kalau dari kami tidak ada,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, akhir Januari silam, terjadi puting beliung di kawasan Gending dan Maron. Puluhan rumah rusak usai diterjang angin tersebut. (sid/fun)