Residivis Spesialis Pencurian Rumah asal Gempol Ditangkap

ANGIL-Pernah ditahan tak membuat dua sekawan asal Gempol Kabupaten Pasuruan ini jera. Untuk kesekian kalinya, keduanya ditahan karena terkait kasus pencurian.

Keduanya adalah Supardi, 45, warga Warurejo, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol dan Didik Hermansyah, 38, warga Raos, Desa Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Keduanya nekat membobol rumah, milik Marlen Siahaan, 44, warga Malikan, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol. Aksi pencurian tersebut, dilakukan kedua tersangka Sabtu dini hari (19/1) sekitar pukul 02.00.

Keduanya masuk rumah korban setelah terlebih dahulu memanjat pagar. Keduanya kemudian menuju jendela rumah korban. Jendela itu kemudian dicongkel menggunakan linggis. “Begitu terbuka, keduanya masuk rumah korban,” urai Kasatreskrim Polres Pasuruan, AKP Dewa Putu Prima.

Begitu masuk rumah korban, pelaku kemudian menggarong barang-barang korban. Selain handphone, keduanya juga menggondol laptop korban.

“Usai beraksi, keduanya kabur. Korban baru mengetahui aksi pembobolan itu pagi harinya, saat bangun tidur,” terang Dewa.

Korban yang mengetahui rumahnya dibobol, mengadukan kasus ini ke polisi. Dari laporan itu, petugas bergerak melakukan penelusuran.

Hingga akhirnya, petugas mendapati titik terang. Di mana aksi itu dilakukan oleh keduanya. Petugas kemudian menangkap tersangka Supardi di rumahnya, saat tengah istirahat. Di susul kemudian dengan penangkapan terhadap rekannya, Didik Hermansyah selang tak sampai satu jam kemudian.

Didik ditangkap di sebuah parkiran truk yang ada di Nogosari, Kecamatan Pandaan. “Kami berhasil menangkap tersangka Selasa dini hari (5/2) sekitar pukul 01.00,” jelasnya.

Keduanya pun digiring ke Mapolres Pasuruan untuk pemeriksaan. Dari pemeriksaan itulah, diketahui kalau keduanya tak hanya sekali ini beraksi. “Bahkan mereka sudah dua kali hingga tiga kali masuk penjara atas kasus yang sama,” urainya.  (one/mie)