Tertarik untuk Mengembangkan, Pemkab Rencana Ajukan DED Pantai Bahak

TONGAS – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Budaya (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo, begitu antusias untuk mengembangkan wisata pantai Bahak Indah Tongas. Senin lalu (4/2), Dispora Parbud mengajak konsultan perencanaan ke lokasi pantai Bahak Indah. Langkah tersebut untuk mengawali langkah, sebelum diajukan perencanaan membuat detail engineering design (DED).

PUNYA POTENSI: Suasana di pantai Bahak. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Hal itu disampaikan Musa selaku Kasi Destinasi Wisata Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo. Saat dikonfirmasi Musa mengatakan, sudah mengunjungi wisata pantai Bahak. Termasuk mengajak konsultan perencanaan guna melakukan survei.

”Potensi wisata pantai Bahak Tongas itu sangat bagus. Karena itu, kami saat monitoring tempat wisata, juga ajak konsultan perencanaan untuk survei pantai Bahak. Supaya, ada gambaran kasar, untuk perencanaan DED nya,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Selasa (5/2).

Musa mengaku, pihaknya berupaya memberikan perhatian terhadap destinasi wisata yang ada. Salah satunya, wisata pantai Bahak yang sudah mulai banyak dikunjungi dan dikembangkan oleh desa. Pemkab Probolinggo dalam hal ini, berencana mensuport upaya pengembangan tersebut.

”Rencana kami akan buatkan gambar secara umum atau DED-nya. Apakah nanti diajukan di PAK 2019, atau bagaimana melihat perkembangan. Tapi pastinya kami ingin kembangkan,” terangnya.

Gambar perencanaannya itu dikatakan Musa, tentunya secara umum. Mulai dari jalan tracking di bawah cemara laut, toilet dan fasilitas lainnya. Dengan begitu, saat sudah ada perencanaan gambarnya, mudah untuk diajukan di APBD 2020.

”Sebenarnya belum ada anggaran untuk penyusunan DED. Tapi, kami inisiatif untuk survei ajak konsultan. Sehingga, bisa jadikan gambaran untuk dijaukan DED pada PAK nanti,” terangnya. (mas/fun)