Dalam Sehari, Bawaslu Tertibkan APK Melanggar Sebanyak Ratusan

PASURUAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasuruan kembali menurunkan dan mengamankan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK). Rabu (6/2), ratusan APK itu diamankan karena melanggar aturan pemasangan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan M. Nasrup mengatakan, penertiban APK sudah rutin dilakukan. Pihaknya bersama Panwascam, Pengawas Desa, Satpol PP, Dishub, dan Polres Pasuruan bersama-sama menertibkan APK melanggar.

“Tidak sesuai dengan PKPU Nomor 23/2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum dan Peraturan Daerah. Seperti, memasang di pohon dan jumlah APK per desa,” ujarnya.

Nasrup mengatakan, kegiatan penertiban ini berlangsung sejak Oktober 2018. Sudah kali kelima pihaknya melakukan penertiban serentak. “Dibanding saat awal penertiban, sekarang (6/2) jauh berkurang. Dulu bisa 1.000 APK yang kami tertibkan, berkurang lagi 500 sampai sekitar 200-an APK,” ujarnya.

Sejumlah APK yang ditertibkan, diperkirakan baru dipasang. Ada 150 APK yang ditertibkan. “APK yang kami tertibkan boleh diambil oleh parpol atau caleg-nya. Kami berhadap bisa dipasang di tempat yang sesuai aturan,” ujarnya. (eka/fun)