Nih Dia, 10 Program Unggulan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi

MAYANGAN – Rapat Paripurna DPRD Kota Probolinggo yang digelar Rabu (6/2) tak hanya mengagendakan serah terima jabatan (sertijab) wali kota-wawali Probolinggo. Dalam kesempatan itu, Wali Kota periode 2019-2024 Habib Hadi Zainal Abidin juga menyampaikan visi dan misinya.

Di hadapan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, sejumlah kepala daerah tetangga yang datang, anggota DPRD Kota Probolinggo dan ribuan undangan, Habib Hadi memaparkan sejumlah program unggulannya. Menurutnya, pembahasan raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Probolinggo 2019-2024, telah disahkan oleh Wali Kota bersama DPRD. Draf RPJMD pun akan segera disampaikan untuk dilakukan pembahasan bersama.

Saat ini masih dalam tahap penyelarasan substansi program antara program gubernur dan wagub terpilih serta pemerintah pusat. Sehingga, RPJMD menjadi satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Visi dari Wali Kota Hadi dan Wawali HMS Subri yakni membangun bersama rakyat untuk Kota Probolinggo lebih baik, berkeadilan, sejahtera, transparan, aman, dan berkelanjutan. Sementara itu, ada empat misi yang diusungnya.

Yakni pembangunan ekonomi yang berdaya saing berbasis sektor potensial; Infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan; Sumber daya manusia dan kesejahteraan sosial yang berkualitas; serta, Tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik.

Sedangkan, 10 program unggulan yaitu bidang pemerintahan salah satunya akan menuntaskan peningkatan kesejahteraan bagi GTT/PTT dengan SK Wali Kota disesuaikan dengan perundang-undangan yang berlaku. Di bidang pendidikan, wali kota dan wawali berencana merealisasikan pendidikan secara gratis.

Khusus di bidang kesehatan, gebrakannya akan mendirikan rumah sakit baru yang menjadi rujukan wilayah timur di Jawa Timur. Program bidang pembangunan, salah satunya menciptakan destinasi wisata baru di Pantai Mayangan dengan konsep meminimalisasi kawasan kumuh di daerah tersebut. Mempermudah pengurusan proses perizinan melalui online single submission dan membentuk mal pelayanan publik menjadi program di bidang investasi dan lapangan kerja.

Berbagai arus kebijakan lainnya pun sudah dikemas di bidang ekonomi kerakyatan, industri dan perdagangan, pemberdayaan UMKM, lingkungan, dan kesenian.

Selain itu, menyikapi apa yang diungkapkan Pakde Karwo, Hadi sependapat. Pihaknya juga akan meningkatkan SDM yang ada. Dengan demikian, apa yang diinginkan juga terlaksana dengan baik. “Tadi, Gubernur mengatakan bahwa peningkatan SDM juga penting. Maka kami akan menata kembali Kota Probolinggo, termasuk SDM yang ada agar apa yang dituangkan dalam visi-misi berjalan dengan baik,” bebernya. (rpd/mie)