Pemilu Mendekat, KPU Kebut Pengemasan Sampul Surat Suara

PASURUAN – KPU Kota Pasuruan terus mematangkan persiapan menjelang Pemilu 2019. Salah satunya dengan menyiapkan kebutuhan logistik. Saat ini, KPU tengah mengebut pengemasan sampul surat suara.

Ketua KPU Kota Pasuruan Fuad Fatoni menjelaskan, pihaknya telah menerima distribusi sampul surat suara dari KPU Jatim sejak akhir tahun lalu. Jumlahnya, 32.520 lembar. Sampul surat suara itu sebelumnya tersimpan di gudang penyimpanan.

Terhitung kurang dari dua bulan pelaksanaan pemilu, KPU mulai membongkar tumpukan sampul surat suara tersebut. “Beberapa hari ini kami memilah sampul surat suara. Baik untuk surat suara sah, tidak sah, rusak, dan lainnya,” jelas Fuad.

Dia membeberkan, pemilahan surat suara itu juga akan dilanjutkan dengan pengemasan. Untuk mempercepat pekerjaan, KPU juga melibatkan lima tenaga untuk mengemas sampul surat suara tersebut.

Menurut Fuad, pengemasan surat suara itu memang sebaiknya lekas diselesaikan. Sebab, pihaknya masih harus menuntaskan tahapan persiapan logistik lainnya. Selain itu, sampul surat suara itu nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan TPS, sekretariat PPS, PPK, dan kantor KPU sendiri.

Sejauh ini, pemilahan dan pengemasan sampul surat suara sudah dilakukan separo dari jumlah total. “Dan, jumlahnya sudah mencukupi kebutuhan,” imbuhnya.

Meski begitu, jumlah sampul yang didistribusikan nantinya berbeda-beda. Sebab, sampul suara tersebut akan dibagi dalam lima jenis. Baik surat suara pilpres hingga legislatif.

“Misalnya untuk sampul surat suara pilpres yang sah, dibutuhkan sembilan kantong di tiap TPS. Demikian pula untuk legislatifnya,” jelas Fuad. (tom/fun)