Siapkan Rp 30 Miliar untuk Pembangunan Lanjutan RSUD Grati

BANGIL – Pembangunan gedung pelayanan RSUD Grati digelontor dana yang tak murah. Setidaknya, Rp 30 miliar disiapkan untuk merealisasikan gedung berlantai tiga tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agung Basuki menyampaikan, pembangunan gedung tahun ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya. Di mana pemerintah telah menyiapkan dana Rp 13 miliar untuk pembangunan kerangka gedung.

Sementara tahun ini, dialokasikan Rp 30 miliar. Dana tersebut dipergunakan, untuk arsitek gedung.

“Sekarang masih berupa kerangka. Dimana pembangunan kerangka gedung tersebut, dilakukan tahun 2018. Pembangunan gedungnya sendiri, akan direalisasikan tahun ini,” jelasnya.

Menurut Agung, pembangunan gedung akan dialokasikan melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2019. Beberapa gedung akan direalisasikan menggunakan dana Rp 30 miliar itu.

Selain IGD, ada pula beberapa gedung poliklinik, kamar operasi, serta manajemen. “Gedungnya akan dibangun lantai tiga,” urainya.

Saat ini, rencana pembangunan gedung tersebut masih tahap perencanaan. Pihaknya mengancang-ancang pembangunan bisa dimulai Mei. Sehingga, November bisa diselesaikan. Mengingat, pelaksanaan pembangunan gedung tersebut diproyeksikan memakan waktu hingga tujuh bulan.

Rencana pembangunan gedung RSUD Grati itu pun menjadi perhatian dari Haryanto, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan. Ia memandang, gedung tersebut memang dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi warga Pasuruan di wilayah timur.

“Kami berharap rencana tersebut bisa terwujud. Karena keberadaan gedung representatif di RSUD Grati sangat dibutuhkan warga,” pungkasnya. (one/fun)