Bakal Bentuk Satgas Pengawasan Bantuan, Fungsinya untuk Ini

PURWOREJO – Pemkot Pasuruan berupaya agar bantuan sosial (bansos) yang diberikan pada masyarakat tepat sasaran. Karena itu, dalam waktu dekat bakal dibentuk satuan tugas (satgas) pengawasan untuk bantuan sosial.

Rencananya, satgas dibentuk Pemkot Pasuruan bersama Polresta Pasuruan. Bahkan, Senin (4/2), bertempat di ruang Reskrim Polresta Pasuruan, digelar rapat koordinasi membahas masalah ini. Turut hadir dalam pertemuan itu, Kasat Binmas AKP Sumadji; Kasat Sabhara AKP Tatuk Irianto; KBO Reskrim Iptu Zudianto; serta Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pasuruan Nila Wahyuni.

Kasubbag Humas Polresta Pasuruan AKP Endy Purwanto menyebut, hasil pertemuan yaitu Pemkot dan Polresta bakal membentuk satgas pengawasan bantuan sosial. Tujuannya, mempermudah dan memperlancar pengawasan bantuan dari pemerintah.

Satgas ini beranggotakan personel gabungan dari Dinsos, Polresta Pasuruan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Selain satgas, nantinya juga bakal dibentuk posko, sekretariat, dan pengumpulan data sebagai pelaporan kegiatan di tingkat atas.

Endy menyebut, memang belum pernah dibentuk satgas selama ini. Dan, selama ini penyerahan bansos pada masyarakat pun tidak ada kendala. Namun, satgas ini sengaja dibentuk untuk memperlancar pengawasan.

“Dalam waktu dekat, bakal dibentuk satgas pengawasan bantuan sosial di Kota Pasuruan. Agar pemberian bantuan yang berasal dari pemerintah bisa semakin lancar,”pungkasnya. (riz/fun)