PKL di Pasar Pasrepan Bakal Direlokasi, Pemkab Siapkan Anggaran Segini

PASREPAN – Bulan ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan berencana menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di depan ruko depan Pasar Pasrepan. Nantinya, PKL yang ditertibkan juga akan ditempatkan di lahan khusus.

Lahan khusus untuk para PKL itu bahkan bakal ditata. Tak tanggung-tanggung, lahan khusus itu juga dianggarkan sebesar Rp 1,5 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Edy Suwanto, kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan. Pihaknya tidak hanya menertibkan dengan memindah lokasi berjualan. Namun, juga nantinya area lokasi akan diperbaiki tersebut diberikan fasilitas tenda.

“Untuk sementara awal ini, PKL yang berada di area depan ruko depan Pasar Pasrepan sementara direlokasi dahulu. Namun, tahun ini tetap ada perbaikan di tempat yang baru,” terangnya.

Sejauh ini sekitar 60 PKL berjualan di depan ruko Pasar Pasrepan. Ini, diakui membuat wajah depan ruko Pasar Pasrepan masih terlihat semrawut. Keberadaan mereka juga membuat arus lalu lintas di Jalan Raya Pasrepan terganggu lantaran berada persis di pinggir jalan.

Sehingga, tetap PKL-PKL ini harus segera ditertibkan dan Disperindag sudah berencana akan merelokasi pada bulan Februari ini. Semua PKL yang di depan akan dipindahkan ke sebelah selatan Pasar Pasrepan.

Di sebelah Pasar Pasrepan memang masih ada lahan yang berjualan PKL. Agar kondisi pedagang nantinya lebih representatif karena itulah Disperindag sudah menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 miliar. Anggaran tersebut nantinya untuk pengurukan tanah, pavingisasi, saluran air agar tidak sampai becek dan juga ada fasilitasi tenda untuk PKL agar terlihat tertib.

“Untuk anggaran itu akan dikerjakan tahun ini, sehingga PKL yang direlokasi tetap bisa tertib dengan fasilitas tersebut,” pungkasnya. (eka/fun)