Siapkan Rp 775 Juta untuk Akses ke Cikasur via Bremi, Pemkab Bakal Bangun Ini

DRINGU – Tahun ini Pemkab Probolinggo akan mulai membangun akses Cikasur lewat Bremi, Kecamatan Krucil. Pembangunan itu bertujuan untuk menyaingi daerah tetangga yang terlebih dulu melakukan pembangunan lewat daerahnya. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan itu sekitar Rp 755 juta.

Kasi Destinasi Wisata Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, saat ini rencana pembangunan itu masih dalam tahap awal. Yaitu, mulai dari pemetaan dan gambar lokasi yang akan dibangun.

“Masih perencanaan. Untuk pembangunan baru akan dimulai pada triwulan kedua nanti,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, dari dana yang dialokasikan sekitar Rp 755 itu dibagi menjadi dua. Yaitu, membangun jalan setapak dengan anggaran Rp 500 juta dan pembangunan rest area yang dianggarkan Rp 255 juta. “Untuk jalan setapak ini dibangun di Taman Hidup. Kan untuk menuju Cikasur itu melewati Taman Hidup. Begitu juga untuk rest area-nya akan dibangun di sana,” katanya.

POTENSIAL: Bukit di kawasan Bremi. (Foto: Istimewa)

Untuk jalan setepak, rencanananya akan dibangun sepanjang dua kilometer. Tujuannya, yaitu untuk memudahkan para tracking ketika hendak menuju Cikasur lewat Probolinggo. Selain itu, juga ada dua tempat peristirahatan yang dibangun di sepanjang jalan itu.

“Jadi, kami sediakan dua tempat istirahat. Selain untuk istirahat juga berfungsi untuk spot foto,” tandasnya.

Sebelum pembangunan, pemkab akan melakukan lelang terlebih dulu. Sebab, nilai untuk proyek di atas Rp 200 juta. ”Lelangnya April. Setelah lelang selesai baru dilakukan pembangunannya,” katanya.

Saat ditanya mengenai lambannya pembangunan di daerah itu, ia menjawab keterbatasan anggaran. Menurutnya, pembangunan yang dilakukan pun sesuai dengan anggaran yang ada. “Anggarannya minim. Jadi, yang ada dulu kami lakukan pembangunan. Nanti kami akan usulkan kembali untuk mempercantik daerah itu,” terangnya. (sid/fun)