Akses Bromo via Puntir-Tutur Rusak, Perbaikan Dianggarkan Rp 47 M

RUSAK: Pengendara motor melintas di Jalur Puntir-Tutur, Kabupaten Pasuruan, yang rusak. Jalan ini akan segera diperbaiki dengan anggaran Rp 47 miliar dari DAK. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOSARI – Jalur wisata dari Desa Puntir, Kecamatan Purwosari menuju ke Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, selama ini sering dikeluhkan warga. Sebab, jalan menuju Gunung Bromo ini banyak berlubang.

Namun, Pemkab Pasuruan memastikan jalan ini akan diperbaiki tahun ini. Anggarannya sekitar Rp 47 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat. Sejatinya, kerusakan jalan di jalur ini sudah sering diperbaiki, namun kembali rusak.

Tak ayal, rusaknya jalan ini banyak dikeluhkan warga. Salah satunya diungkapkan oleh warga Nongkojajar, Heri Cahyono. “Padahal, ini kan jalur wisata juga. Seharusnya lebih diperhatikan karena jalannya rusak,” ujarnya.

Menurutnya, kerusakan jalan itu karena tingginya volume kendaraan yang melintas di sana. Termasuk, kendaraan bertonase tinggi, seperti truk. Meski pernah diperbaiki, jalannya masih banyak yang rusak dan meresahkan warga.

Pihaknya berharap, jalan ini segera diperbaiki secara menyeluruh. Agar jalur menuju Gunung Bromo via Tutur itu bisa nyaman dilintasi. Baik bagi masyarakat umum, maupun bagi para wisatawan,

Mendapati itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto memastikan, tahun ini akan ada perbaikan jalan di jalur Puntir yang mengarah ke Tutur. “Ada dari DAK, besarnya Rp 47 miliar dan merupakan dana penugasan,” ujarnya.

Hari mengatakan, jalan di jalur itu memang banyak yang rusak, bahkan sekitar 6 kilometer. Namun, detailnya masih akan disurvei. Targetnya, bulan April bisa mulai digarap. “Kalau bisa lebih cepat, lebih baik. Targetnya bulan April setelah Pilpres semoga bisa ada pengerjaan,” ujarnya. (eka/rud)