Alokasikan Rp 1,2 Miliar untuk RTH, Diantaranya Bangun Baru di Titik Ini

PANDAAN – Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) tetap mendapat perhatian dari Pemkab Pasuruan. Di tahun ini misalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengalokasikan dana Rp 1,2 miliar dari APBD.

Dana sebesar itu ditujukan untuk menambah fasilitas di RTH yang sudah ada. Sebagian lagi untuk pembangunan RTH di lokasi baru.

“Pembangunan RTH baru tetap ada di tahun sekarang, hanya di beberapa titik saja dan semuanya dialokasikan dari APBD,” kata Tri Marhendra Mulyadi, kabid tata lingkungan DLH kabupaten setempat saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon, Jumat (8/2).

Adapun dana yang dialokasikan untuk penambahan fasilitas RTH diantaranya untuk hutan kota di Kalirejo dan Pogar, serta Alun-alun Bangil. Rencananya RTH yang sudah ada, kian dilengkapi.

Sementara untuk pembangunan RTH baru rencananya dilakukan di beberapa titik. Seperti di perbatasan di Gempol, dalam Terminal Pandaan serta di Wonorejo. Masing – masing titiknya, kata Tri Marhendra, dialokasikan Rp 200 juta. Pelaksanaannyabisa melalui proses lelang umum.

“Penentuan titiknya, sudah melalui survei maupun usulan di tahun lalu. Sekarang giliran realisasinya saja,” ungkapnya.

Sejauh ini, untuk pembangunan RTH masih dalam proses perencanaan sekaligus persiapan administrasi. Jika sudah tuntas, baru kemudian dilelang lanjutnya pekerjaan fisik bangunan. (zal/fun)