Target Bank Sampah Per Desa di Pasuruan Belum Terwujud

BANGIL – Pemkab Pasuruan menargetkan adanya bank sampah di setiap desa. Namun, sejauh ini keinginan itu belum terwujud. Masih banyak desa di Kabupaten Pasuruan yang belum memiliki bank sampah.

Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengatakan, dari 365 desa dan kelurahan di Kabupaten Pasuruan, belum seluruhnya memiliki bank sampah. Padahal, keberadaan bank sampah penting untuk menanggulangi persoalan sampah. “Kami berharap keberadaan bank sampah terus bermunculan,” ujarnya.

Dari catatan DLH, di Kabupaten Pasuruan baru terdapat sekitar 135 bank sampah. Jumlah itu tersebar di 78 desa dan kelurahan. Pihaknya merencanakan tahun ini minimal berdiri 68 bank sampah. “Kami ancang-ancang bank sampah yang baru itu terbentuk di desa dan kelurahan yang belum memiliki bank sampah. Sehingga, ada 68 desa atau kelurahan baru yang memiliki bank sampah,” ujarnya.

Demi mewujudkannya, Anang mengaku, pihaknya bakal gencar melakukan sosialisasi. “Kami akan mengerahkan tim fasilitator lapangan agar target di 2019 itu bisa terwujud,” ujarnya. (one/rud)