651 Calon Jamaah Haji di Kab Pasuruan Belum Kumpulkan Paspor

PANGGUNGREJO – Para calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Pasuruan yang dijadwalkan berangkat tahun ini diminta untuk mengumpulkan paspornya paling akhir pada Januari 2019. Namun, sampai Sabtu (9/2), masih ada 651 CJH yang belum mengumpulkannya.

Karenanya, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupatenn Pasuruan, berencana memanggil mereka dalam pekan ini. Tujuannya meminta kejelasan dan bisa mengumpulkan dalam bulan ini.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Pasuruan Imron Muhadi mengatakan, pihaknya men-deadline akhir Januari semua paspor harus sudah terkumpul. “Ternyata hanya 1.030 CJH yang sudah mengumpulkan paspornya. Sisanya masih kami tunggu lagi,” ujarnya.

Minggu ini Kemenag berencana memanggil 651 CJH yang belum mengumpulkan paspornya. Mereka akan dimintai keterangan terkait kendala pengurusan atau alasan belum menyerahkan paspor. Dari data Kemenag, jumlah CJH yang dipastikan berangkat dan mendapatkan kursi tahun ini ada 1.589 orang. Sedangkan, CJH cadangan ada 92 jamaah.

Imron mengatakan, sangat penting CJH untuk segera mengumpulkan paspornya. Sebab, pelunasan biaya haji diperkirakan dilakukan dalam waktu dekat. “Bila sekarang pengurusan visa juga harus diurus per kloter, sehingga jika ada 1-2 yang paspornya belum terkumpul, maka satu kloter bisa dipending pengurusannya. Karena itu, kami target semua paspor terkumpul paling lambat akhir Februari ini,” ujarnya. (eka/fun)