Ajukan Anggaran Rp 200 Miliar ke Pusat untuk Stadion R Soedrasono

BANGIL – Butuh banyak biaya untuk membangun Stadion R. Soedrasono di Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, agar lebih representatif. Tak hanya mengandalkan APBD Kabupaten Pasuruan, Pemkab Pasuruan juga mengajukan anggaran ke Pemerintah Pusat.

Besaran anggaran yang diajukan mencapai Rp 200 miliar. Anggaran ini disebutkan akan digunakan untuk melengkapi sarana prasarana di Stadion R. Soedrasono.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan Abdul Munif mengatakan, membutuhkan anggaran besar untuk membangun Stadion Pogar, agar kelengkapannya setara tingkat nasional. Jika mengandalkan APBD Kabupaten Pasuruan, anggaranya terbatas. “Tahun ini sarana prasarana masih terus kami lengkapi. Dari APBD menganggarkan untuk memasang lampu stadion dengan anggaran Rp 3,2 miliar,” ujarnya.

Menurutnya, banyak sarana prasarana stadion yang perlu diperbaiki. Karenanya, pihaknya mengajukan anggaran ke Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI. Anggaran Rp 200 miliar itu diajukan pada 2018. “Kami ajukan Rp 200 miliar. Itu sudah untuk kebutuhan semuanya. Dari lintasan atletik, tempat duduk yang sekelas nasional, dan sarpras (sarana prasarana) pendukung lainnya,” ujarnya.

Munif mengatakan, Stadion Pogar masih butuh banyak kelengkapan. Yang paling dibutuhkan terkait lintasan atletik. Karena dibutuhkan anggaran besar, pihaknya mengajukan kebutuhan dana itu ke Kemenpora RI. “Ini usaha kami, semoga disetujui. Namun, kemungkinan jawaban tidak bisa langsung tahun ini, bisa tahun 2020 mendatang,” ujarnya. (eka/fun)