KPU Kota Pasuruan Butuh 4.235 Personel KPPS

MAYANGAN – Bertambahnya jumlah tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 2019, berimbas pada bertambahnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Di Kota Probolinggo, pada Pilkada 2018, jumlah TPS hanya 379 unit dengan 2.653 KPPS. Pada Pemilu 2019, dibutuhkan 4.235 orang KPPS untuk bertugas di 605 TPS.

KPU Kota Probolinggo telah mengeluarkan surat edaran tentang pembentukan Anggota KPPS ini. Dalam surat edaran itu tercantum beberapa persyaratan untuk mendaftar sebagai KPPS. Di antaranya, warga negara Indonesia dan tidak berafisiliasi dengan partai politik. “Pendaftaran KPPS dilakukan di masing-masing PPS yang ada di kelurahan,” ujar Ketua kPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri.

Hudri mengatakan, disetiap TPS ada 7 orang anggota KPPS, 2 anggota linmas, serta 1 pengawas TPS. Namun, tidak semua kebutuhan personel itu disiapkan oleh KPU. “Untuk dua anggota linmas disiapkan oleh Pemkot Probolinggo,” ujarnya.

Berdasarkan surat edaran KPU, proses penerimaan berkas pendaftaran dilakukan sejak 6 Maret sampai 12 Maret 2019. Ada berbagai tahapan yang harus dilalui sebelum KPPS dilantik. Seperti, penelitian berkas administrasi, mendengarkan tanggapan masyarakat terkait calon-calon KPPS, seleksi tertulis, sampai pelantikan KPPS. Pelantikannya dijadwalkan pada 27 Maret 2019. Mereka akan berkerja mulai 10 April sampai 9 Mei 2019. (put/rud)